by

Kepala Desa Sukaraja Andi Lala Mohamad Afandi,S.IP “Kampung Kreatif Sukaruas Siap Jadi Desa Wisata Unggulan“

Kab.Tasikmalaya ,LINTAS PENA
Kampung Kreatif Sukaruas yang berada di  Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah   yang terkenal dengan hasil kerajinannya dengan luas wilayah  220 hektar dengan jumlah penduduk sebanyak 6.443 jiwa dan hampir 80 persennya  bermata pencaharian sebagai pengrajin.
“Pada hari Jum’at  kemarin , orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya H.Uu Ruzhanul Ulum SE secara langsung mengunjungi Kampung Kreatif Sukaruas dan  beliau menyatakan  siap menata kampung tersebut jadi tujuan wisata unggulan. Beliau didampingi Kadis Indag Drs.H.Heri Sogiri,MM dan Sekdis Hj.Nia Juniarti,S.Sos,M.Si”  ungkap   Andi Lala Mohamad Afandi S.IP  Kepala Desa Sukaraja kepada LINTAS PENA di ruang kerjanya.
Andi Lala panggilan akrab kepala desa yang dekat dengan masyarakat ini mengatakan, bahwa  istilah Kampung Kreatif Sukaruas itu pemberian dari Gubernur Jawa Barat sekitar tahun 2010. Kampung Kreatif Sukaruas ini tidak terlepas dari binaan arahan bimbingan bahkan pelatihan yang diberkan oleh Dinas Indrustri dan Perdangan Kabupaten Tasikmalaya, bahkan pada bulan Juli kemarin Paguyuban Kampung Kreatif Sukaruas (PKKS) telah melaksanakan study banding ke daerah Bandung sebanyak 25 orang yang difasilitasi oleh Ketua Dekanasda     Hj. Lina Ruzhan istri dari  Bupati Tasikmalaya.
Sebetulnya tiap hari juga ada yang mengunjungi Kampung Kreatif Sukaruas ini bahkan ada yang rutin setiap tahun seperti SMA 8 Jakarta tidak kurang dari 500 orang. “Kami sedang mengupayakan pengelolaan lingkung bagi masyarakat supaya aman dan  nyaman.Alhamdullah sampai saat ini untuk kebersihan keamanan dan kenyamanan  yang merupakan kebanggaan kami  itu sudah terpelihara,” ungkap Andi Lala

Kepala Desa Sukaraja ini menambahkan, dari hasil study banding kemarin pihaknya pun sedang melaksanakan program kerja  untuk melakukan perbaikan melengkapi hal hal belum ada, “Apalagi dengan kunjungaan Bapak Bupati kemarin  akan membantu untuk akses jalan yang saat ini masih sempit, fasitilas umum seperti MCK ,lahan parkir dan yang lainnya , insyaa alloh mudah mudahan bisa terwujud.”tuturnya.
“Untuk sementara ini kami pun sedang membangun tempat tempat singgah atau tempat istirahat nanti kalau ada tamu yang berkunjung ke tempat kami bisa beristirahat dan bisa melihat hasil hasil karya kampung kami.”tambah Andi Lala
Selanjutnya masalah pemasaran tidak ada masalah dan sudah ada untuk pemasarannya seperti di sepanjang Jalan Rajapolah dan ada juga yang buka toko kerajinan seperti di Yogyakarta, Bali, Bandung dan tempat tempat lainnya. Ada juga export itu tidak pernah berhenti bahkan ada yang sudah kontrak ungkap suami dari Yuyun Yuniar .
Sementara itu,  Ketua Paguyuban Kampung Kreatif sukaruas (PKKS) Ade Abu Bakar menambahkan , untuk produksi unggulan kerajinan antara lain handy kraf hasil dari binaannya sudah sampai ke mancanegara . “Sedangkan untuk bahan bakunya masih stabil kami peroleh dari cipatujah cikalong  bahkan dari jawa tengan dan serang,”  katanya.
Andi Lala Mohamad Afandi S.IP berharap mudah mudahan Kampung Kreatif Sukaruas ini menjadi tujuan Desa Wisata unggulan di Jawa Barat sesuai keinginan Bupati Tasikmalaya, ungkap ayah dari Muhammad Dary Azzaki  (16 tahun) dan Hasan Rafi  Azziyad (12 tahun) mengakhiri obrolan.(ADE BACHTIAR ALIEF)****

 

Comment

News Feed