by

SDN Cicariu Wakili Kota Tasikmalaya Dalam Lomba Sekolah Sehat di Tingkat Wilayah

Kota Tasik, LINTAS PENA

Pada tanggal 28 Agustus 2017 nanti, SDN Cicariu    akan mewakili Kota Tasikmalaya dalam Lomba Sekolah Sehat tingkat Wilayah,  setelah sebelumnya   menjadi Juara I pada Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kota Tasikmalaya. SDN Cicariu berhasil  mengalahkan keempat sekolah yang berasal dari 4 wilayah yang ada di Kota Tasikmalaya yaitu SDN Manangga 2, SDN Karsanagara, SDN Gunung Koneng, dan SDN Cibeureum yang semuanya sudah menjadi Sekolah adiwiyata. Namun, SDN Cicariu yang dipimpin Yayah Komariah,S.Pd,M.Pd ini berhasil menjadi Juara I dan mengalahkan keempat sekolah lainnya itu.

Lomba Sekolah Sehat ini diadakan oleh penyelenggara lintas sektoral karena lomba ini diiadakan dan dinilai oleh dinas kesehatan, dinas lingkungan hidup, dan dinas pendidikan. Penilaian pun dilakukan secara keseluruhan meliputi kecamatan dan puskesmas setempat, 75% penilaian dilakukan di sekolah, dan 25% penilaian meliputi TP UKS Kecamatan, Camat, Puskesmas, Koramil dan polsek setempat sehingga penilaian dilakukan secara terperinci kesegala aspek yang bersangkutan dengan sekolah.

Menurut Yayah Komariyah, S.Pd, M.Pd    bahwa SDN Cicariu yang dipimpinnya  bisa menjadi Juara I Lomba Sekolah Sehat merupakan hasil yang sangat tidak diduga,  karena keempat lawan sekolah lainnya merupakan sekolah adiwiyata. “Namun dengan kerjasama antara guru dan murid serta masyarakat Cicariu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah alhamdulillah SDN Cicariu dapat menjadi Juara I Lomba Sekolah Sehat. Mudah-mudahan untuk menghadapi Lomba Sekolah Sehat tingkat wilayah nanti semua persiapan yang masih belum selesai dapat selesai tepat waktu sehingga nilai yang didapatkan akan maksimal. Untuk tingkat wilayah nanti, SDN Cicariu masuk ke Region IV.” paparnya.

Instrumen penilaian untuk Lomba Sekolah Sehat diantaranya kondisi dan kelengkapan ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas, ruang ibadah, ruang uks, kamar mandi/WC, kantin sekolah dan kantin sehat, perpustakaan, lingkungan sekolah, buku kesehatan, dokter kecil, dan makanan yang dijual dikantin sekolah. (LUKMAN NUGRAHA)***

Comment

News Feed