Hijaukan Lingkungan Kampus, Universitas Perjuangan Tasikmalaya Tanam Pohon Langka

Kota Tasik, LINTAS PENA

Dalam rangka untuk menghijaukan kampus dan mengikuti program pemerintah dalam melakukan penghijauan lingkungan, Universitas Perjuangan (UNPER)  Tasikmalaya melakukan penghijauan dengan menanam pohon langka di lingkungan kampus. Penanaman pohon langka ini dilakukan pada hari Jumat 11 Agustus 2017. Acara penanaman pohon langka ini dilakukan secara simbolis oleh beberapa tamu undangan yang hadir diantaranya Ketua Pembina, Pembina, Rektor, Camat Kecamatan Tawang, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jenderal Soedirman, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pembina Yayasan Universitas Siliwangi mengatakan Letjen TNI (Purn) H. Endang Suwarya , bahan penanaman pohon langka dikawasan kampus Universitas Perjuangan ini merupakan program kampus dalam menghijaukan lingkungan kampus serta program pemerintah dalam penghijauan lingkungan.

Beberapa pohon langka yang ditanam dikawasan kampus diantaranya Matoa dari Papua dan Kepel atau burahol yang merupakan tanaman khas Jawa Barat dan Yogyakarta. Kedua pohon ini kini sudah terbilang langka karena sekarang sulit untuk ditemukan, oleh karena itu diharapkan menjadi salah satu daya tarik tersendiri dengan ditanamnya pohon langka ini di kawasan kampus.

Selain kedua tanaman langka tersebut, dilingkungan kampus juga akan ditanami pohon lainnya seperti nam nam, mangga, jambu, dan tanaman lainnya yang akan ditanam disekitar kampus mengitari lingkungan kampus dan disepanjang jalan kampus. “Karena itu diiharapkan kampus Universitas Perjuangan dapat mengikuti jejak kampus Universitas Indonesia yang memiliki hutan kampus terluas di Asia Tenggara, kampus Unper sendiri untuk hutan kampus akan terus diperluas hingga kurang lebih 1 hektar untuk sekarang ini, diharapkan kedepannya akan lebih luas lagi untuk hutan kampus milik Unper ini.”paparnya.

“Turut hadir pada acara tersebut antara lain Ketua Pembina Yayasan Siliwangi  LetjenTNI(Purn) H.Endang Suwarya,    Mayjen TNI (Purn) H.Sukria Atmaja,  Mayjen TNI (Purn) H.Tayo Tarmadi, S.Sos,MM   , Prof.H.Muhammad Nu’man Somantri M.Sc., Hj.Nanay Djubaidah Mashudi.Ir. M.Pd., H.Asep Hidayat,SH,MH  ,Brigjen TNI (Purn) H.E.Ruchiyat Karta Atmaja SH.MBA., Budhi Wahyu Fitriadi,SE,MP  ,Brigjen TNI (Purn) Dr.H.Dedem Ruchlia M.Si., H.Dudung Suryana M.Pd., Rudi Priadi Drs., Dr.Wawan Sukmana,AK.CA  “ngkap Rektor Unper Tasikmalaya Prof.Dr.H.Yus Darusman M.Pd didampingi Warek Unper Prof.Dr.H.Dedi Heryadi di sela sela acara penanaman pohon langka kepada lintas pena.

Sementara itu maksud dan tujuannya,   kata Prof.Dr.H.Yus Darusman M.Pd antara lain yaitu pelestarian tanaman langka selanjutnya salah satu bentuk penghuni kampus cinta lingkungan,cinta alam selanjutnya untuk memotivasi seluruh warga kampus Unper khususnya dan kita semua agar sadar akan pentingnya lingkungan bagi kelangsungan hidup manusia.intinya tanpa lingkungan yang baik mana mungkin kita bisa hidup dengan baik.”Mari kita jaga lingkungan kita karena tanggung jawab kita bersama menjaga dan melestarikannya,”ungkap Rektor Unper singkat  .(LUKMAN NUGRAHA/ADE BACHTIAR ALIEF)***

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.