by

MTs Negeri 2 Tasikmalaya Praktekan Kegiatan Kurban di Sekolah

Kota Tasik, LINTAS PENA

Pada Hari Raya Idul Adha tahun 2017 ini, MTs Negeri  2 Kota Tasikmalaya mengadakan kegiatan kurban di lingkungan sekolah. Hal ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh MTsN 2 Kota Tasikmalaya dan merupakan salah satu praktek kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah.

Menurut Wakasek Humas Drs. H. Uton Aminudin, M.Si , bahwa kegiatan kurban ini rutin dilaksanakan setiap tahun, dimana kegiatan kurban ini terselenggara dari hasil pengumpulan dana dari siswa dan guru MTsN 2 Kota Tasikmalaya. Siswa dan guru diharapkan memberikan sedekah/ infak sebesar Rp. 20.000. Penentuan minimal sedekah dari siswa ini merupakan hasil dari rapat komite sekolah dengan orang tua siswa dengan perhitungan harga sapi saat ini dibagi jumlah siswa yang ada.

“Pada pelaksanaannya, ikrar untuk kurban ini diberikan kepada guru yang berprestasi dan berjasa di MTSN 2 Kota Tasikmalaya, sehingga bagi siswa kegiatan ini merupakan infaq atau sedekah, sementara bagi guru yang berprestasi dan berjasa bagi sekolah kegiatan ini merupakan kurban bagi mereka. Selain satu ekor sapi, ada juga 2 orang siswa yang menitipkan kurban di sekolah masing masing satu ekor kambing. Daging hasil kurban dimasak disekolah untuk makan siang siswa sebagian, sedangkan sebagian lagi diberikan kepada siswa dan masyarakat yang berada di sekitar sekolah. “ paparnya.

Kepala MTs Neegeri  2 Kota Tasikmalaya Dra. Hj. Ai Lathopah, M.Pd berterimakasih kepada Drs. H. Dadang Toha selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Tasikmalaya yang bersedia hadir dalam pelaksanaan kurban di MTsN 2 Kota Tasikmalaya sekaligus mempraktekkan langsung penyembelihan hewan kurban.

Menurut Dra. Hj. Ai Lathopah, M.Pd  yang juga Ketua KKM MTs Kota Tasikmalaya ini menghimbau kepada seluruh MTs yang ada di Kota Tasikmalaya agar bisa mengimplementasikan praktek pembelajaran kurban di madrasah masing-masing dengan memanfaatkan momen idul adha. “Karena dalam praktek kurban Idul Adha ini kita mendapatkan pembelajaran dalam hal berinfaq dan praktek penyembelihan kurban” ungkapnya.( LUKMAN NUGRAHA/ ADE BACHTIAR ALIEF)****

 

Comment

News Feed