by

Semarak Milad SMAN 1 Kota Tasikmalaya “Dwipantara SATAS 61 Anniversary”

Kota Tasik,LINTAS PENA

Dalam Rangkaian Milad ke 61 SMAN 1 Kota Tasikmalaya  “Dwipantara Satas 61 Anniversary ” yang dimulai dari tanggal 14-18 September 2017, di antaranya kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain Bazar Kewiraudahaan, BFL (Blood For Life)/Donor Darah, Satas Fair: Lomba-lomba untuk siswa Satas dan siswa SMP se-Priangan Timur  meliputi ESCAPE (Extra Science-Math Competition), Story Telling, DGC (Design Graphic Competition), GPC (Gerentes Painting Competition), Tournament Mobile Legend, Recycled Islamic Costume Festival, Nasyid, MSQ, Pentas kreasi Seni Musik/Suara (Main Selection), GOWES  VAGANZA (sepeda Satas), Seminar Pendidikan, Hiburan Musik oleh Guest Stars “H I V I dan Changcuters”  Ada pun Goes Vaganza yang secara langsung dibuka oleh Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman tempat startnya di Alun-alun Kota Tasikmalaya.

Sementara itu, Puncak Ulang Tahun, Minggu 18 September 2017 pukul 08.00-09.00, ditandai dengan pemotongan Tupeung dan huap lingkung oleh Kepala SMA Negeri 1 Tasikmalaya, yang diikuti Ibu Hj. Uju (Alumni pertama, 1959) serta R. Ahmad Yani Saefudin, S.T., M.M. (Alumni’94, Ketua Harian/Sekum Ikatan Keluarga Alumni SMAN 1 Tasikmalaya/IKA Satas) dilanjutkan dengan pelepasan Balon secara bersama-sama baik alumni, guru maupun siswa SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk siswa dan guru serta hiburan dari siswa (5 besar Grup Band dari perwakilan kelas) dan Guest Star “H I V I”.

Yang menarik adalah adanya pembagian hadiah mendadak yang disampaikan oleh Ahmad Yani, dimana beliau member 2 hadia kejutan, yaitu 1 sepeda motor untuk pegawai non guru dengan pengabdian terlama dan dedikasi terbaik yang jatuh pada Bapak Darusman serta uang pembinaan bagi Sanggar Seni Geurentes (SSG) binaan Ibu Yanti Apriyanti, S.Pd., yang mana pada puncak ultah ke-61, siswa SSG SMAN 1 Tasikmalaya sudah membuat penonton terkagum-kagum , terkesima,dan baper lewat sajian Drama Musikal SSG (Silent Witness) yang luar biasa. Beliau menyampaikan bahwa hadiah ini merupakan titipan melalui alumni/IKA Satas dari Gubernur/WakilGubernur Jawa Barat, sebagai bentuk kepedulian terhadap almamater. Beliau berharap agar SMA Negeri 1 Tasikmalaya bisa Go Nasional dan Go Internasional. Untuk mencapai hal tersebut maka SMAN 1 Tasikmalaya dan IKA Satas harus berkolaborasi dan berkontribusi. Kolaborasi dilakukan ketika ada momen antara alumni dengan sekolah, alumni dengan siswa, alumni dengan guru ataupun dengan komite. Mereka memberikan kontribusi, bentuknya bukan hanya materi, seperti bidang wirausaha, manajerial, IT dan lainnya. Untuk mempermudah koordinasi, kita juga akan melakukan pemutakhiran data alumni, karena sampai saat ini alumni Satas yang begitu banyak belum terdata semuanya. Pendataan kita akan lakukan silaturahmi rutin untuk mempercepat pertumbuhan pembangunan sekolah. Bukan secara fisik saja namun juga kualitas pendidikan. Salah satu program IKA Satas yang sudah berjalan diantaranya pemberian beasiswa untuk siswa SMAN 1 Tasikmalaya.

Kepala SMA Negeri 1 Tasikmalaya, H. Pipin Aripin, S.Pd., M.MPd., berharap di HUT yang ke-61 ini motivasi siswa bisa makin meningkat dan siswa juga bisa lebih luas mengembangkan potensi yang dimilikinya. Mereka tidak terpaku dalam satu bidang. Siswa harus bisa mencapai apa yang mereka cita-citakan. Harapannya prestasi sekolah terus meningkat yang mana prestasi ini tergantung dari prestasi siswanya. Siswa bisa menjadi orang yang sukses terlebih sekarang IKA Satas bisa membawa motivasi dan inspirasi bagi siswa untuk sharing profesi yang dicita-citakan ataupun universitas yang diinginkan serta sharing informasinya untuk kemajuan bersama.

Wakasek Kesiswaan Drs.Oyok Japarulloh ,M.MPd  dan Dra.Hj.Rina Satriani M mengatakan di acara puncak milad ke 61 yang menghadirkan “Band CANGCUTES” .bahwa alumni SMAN 1 Kota Tasikmalaya (SATAS ) sudah banyak yang melanjutkan  pendidikannya ke perguruan tinggi ternama bahkan kelulusan Tahun Ajaran  2016/ 2017  peringkat terbaik UN   oleh SMAN 1 Tasikmalaya dan langsung diterima di ITB atas nama Azka Raina Anka bahkan prestasi yang membanggakan pada upacara peringatan  Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 72 masuk menjadi Paskibraka Nasional atas nama Muhamad Naufal Ramadhan yang ini semua menggambarkan kualitas SMAN 1 Tasikmalaya. “Dalam kiprah nyata jangka panjang Alumni Satas bisa berkontribusi untuk memajukan proses pembelajaran melalui  komunikasi dua arah antara satas dengan alumninya.”paparnya

Pengatur Acara HUT Satas ke-61, Dr. H. Yonandi, S.Si., M.T., mengatakan bahwa HUT ke-61 merupakan HUT Spesial bagi keluarga besar Satas, karena bertepatan dengan terbentuknya kepengurusan baru IKA Satas, serta pada acara ini meskipun tidak begitu banyak alumni yang hadir tapi kegiatannya sangat luar biasa, dimana kegiatan HUT Satas tahun ini melibatkan semua warga Satas juga peserta didik SMP/Sederajat sepriangan timur. Ini menunjukan talenta yang luar biasa yang dimiliki peserta didik Satas, selain berprestasi di bidang akademik dan non akademik juga bisa berbagi kebahagian dan ilmu dalam membentuk karakter dan meningkatkan kecerdasan bangsa melalui serangkaian lomba. Harapannya, dengan bertambah usia Satas, maka semua komponen sekolah baik peserta didik maupun guru/pegawai TU /Tata Laksana terus berkarya, berkreasi dan berinovasi dibarengi dengan ahlak yang mulia dan sikap bijaksana secara simultan bersinergi dengan IKA Satas menghasilkan karya yang bermanfaat bagi Masyarakat, sehingga bisa dikenal di penjuru Dunia. Sesuai Moto Satas: ” We are ready to Go to  World Class School”.

            Sementara itu, Ketua Komite SMAN 1 Tasikmalaya Drs.H.Tatang .TS. M.MPd  mengatakan bahwa secara fisik SMAN 1 Tasikmalaya sudah sangat tua bahkan tertua di kota ini. Tapi meskipun tua, tidak berarti loyo apalagi pikun. “Justru karena tuanya itulah sekolah kami telah berhasil mencetak anak cucu negeri ini menjadi manusia manusia berprestasi. Maaf, ini tidak bermaksud berlebihan  ,karena  kenyataannya memang begitu. Sebuah keberhasilan yang perlu disyukuri.”tuturnya.

Perwakilan Dewan Guru, Drs. H. Wawan Samsul Nugraha, M.MPd. mengatakan, Jaga terus Kejasama dengan Alumni SMAN 1 Tasikmalaya dengan baik dengan capaian hasil yang semakin meningkat (Kebersamaan Dalam Kemajuan). Beliau mengatakan tidak terlalu sulit untuk memastikan, bahwa masyarakat Tasikmalaya telah sangat akrab dengan sebuah sekolah yang bernama SMAN 1 Tasikmalaya.”Mereka menyebutnya sudah sangat tua. Mereka menyebutnya orang tua yang kharismatik yang mampu mendewasakan anak cucunya dengan baik.”ungkapnya. ”. Semoga Satas Tetap Jaya Nan Abadi  bersama  IKA Satas.

Selanjutnya Wakasek Sarana  Hj.Epy Suhadningsih S.Pd ,.M.MPd menambahkan soliditas kerjasama dengan alumni sangatlah berpotensi melejitkan  setiap potensi yang ada. Bentuk kontribusi tersebut diantaranya ruang kelas belajar/ Gedung SATAS, pembuatan Indoor, beasiswa dan bantuan bantuan lainnya.

Ketua OSIS SMAN 1 Tasikmalaya, R Imam Nuryaman K menuturkan dalam agenda puncak HUT Satas pada hari Minggu dan Senin, 17-18 September 2017 juga diumumkan berbagai hadiah dan penghargaan bagi para juara lomba yang dilaksanakan pada Satas Fair. Menurut Imam: “Saya punya komitmen yakni Kahandap Akaran, Kaluhur Sirungan. Artinya dalam proses belajar nilai adat istiadat dan budaya di sekolah harus dimiliki dan sebagai buahnya yang bagus terimplementasi dalam prestasi capaian dan lainnya. Di HUT ke-61 ini perbaiki kekurangan tahun sebelumnya dan tingkatkan terus prestasinya menuju “Satas Juara Juara dan terus Juara”tuturnya.(ADVERTORIAL)***

 

Comment

News Feed