by

Sambut Tahun Baru Islam 1439 H, Pemdes Panjalu Adakan Kegiatan Syiar Islam dan MTQ

-Ciamis-312 views

Ciamis, LINTAS PENA

Selama bulan September – Oktober 2017, Pemdes Panjalu di Kecamatan Panjalu Kab.Ciamis banyak menggelar kegiatan keagamaan atau syiar Islam, termasuk pelaksanaan menyambut Tahun Baru Islam 1439 H. Kemudian digelarnya kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Desa yang resmi dibuka pada hari Minggu, 8 Oktober 2017.

“Kegiatan MTQ ini dikaitkan dengan kegiatan menyambut Tahun Baru Islam yang secara rutin tiap tahun kami selenggarakan. Tahun sekarang kami selenggarakan mulai 8 Oktober 2017 dengan peserta dari 11 kedusunan di wilayah Desa Panjalu,”ungkap R.Haris Riswandi C,SE Kepala Desa Panjalu kepada LINTAS PENA, kemarin Jum’at di ruang kerjanya.

Adapun 11 dusun yang mengikuti MTQ Tingkat Desa Panjalu antara lain; Dusun Pabuaran, Dusun Cukang Padung, Dusun Cimendong,, Dusun Pari Cariang, Dusun Garahang, Dusun Ciater, Dusun Dukuh, Dusun Banjarwaru, Dusun Sriwinangun, Dusun Simpah dan Dusun Balandongan. “Alhamdulillah, antusias warga dari tiap dusun mengikuti MTQ ini cukup tinggi, sehingga gema syiar Islam di desa kami terasa sekali,”katanya

Ketika ditanya mengenai anggaran MTQ dan kegiatan ”Syiar Islam” keagamaan di desa yang dipimpinnya, R.Haris Riswandi C,SE menjelaskan,bahwa sumber biaya untuk kegiatan tersebut berasal dari APBDes Desa Panjalu Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp.39.640.000 yang merupakan hasil musyawarah dengan lembaga beserta tokoh agama/masyarakat dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dia pun menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Desa Panjalu bahwanya semula anggaran yang direncanakan dari APBDes sesuai hasil musyawarah dengan lembaga yang ada di Desa Panjalu.

“Alhamdulillah, anggaran untuk kegiatan keagamaan termasuk MTQ mencukupi sebagaimana yang diharapkan dari hasil musyawarah tersebut. Kami pun berterima kasih kepada masyarakat yang begitu antusias mengikuti kegiatan keagamaan, khususnya MTQ, karena tiap kedusunan mengikutsertakannya,”pungkas Kepala Desa Panjalu.(REDI MULYADI)****

 

 

 

 

 

 

Comment

News Feed