by

Lembaga “TIARA MEDICA” Ciamis Menggelar Sosialisasi, Penguatan TUK dan Beasiswa Uji Kompetenti

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) “Tiara Medica Ciamis” mengadakan Sosialisasi, Penguatan Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan Beasiswa Uji Kompetensi bidang keterampilan Pengasuh bayi dan Anak di TUK Tiara Medica Ciamis yang berlokasi di Jl.Rumah Sakit No.03 Kalapajajar kelurahan Ciamis Kec.Ciamis Kab.Ciamis Prov.Jawa barat.

Hadir dalam acara tersebut  Pimpinan TUK Tiara Medica Ciamis  Lina Nurlina, S.Pd, Dinas Pendidikan Kab.Ciamis yang diwakili oleh Kasi kelembagaan dan Sarpras Ibu Hj.Lilis Budi Mulyani,S.Sos.,MM, Ketua LSK Pengasuh Bayi dan Anak dari Jakarta Ete Kurnia,SE. Dua Penguji program Pengasuh Bayi dan Anak dari PP-PAUD Dikmas Regional 1 Jabar, dan dihadiri oleh PTK LKP Tiara Medica beserta tamu undangan.

Sebagai lembaga yang sudah ditunjuk menjadi Tempat Uji Kompetensi oleh Kemendikbud melalui LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi). TUK Tiara Medica Ciamis berkomitmen dijalur pendidikan Non Formal yang menyelenggarakan pendidikan dalam bentuk kursus dan pelatihan.

“Setelah selesai pelatihan, siswa diwajibkan untuk mengikuti Uji Kompetensi, dan pada saat ini ada 40 Siswa yang mengikuti Beasiswa Uji Kompetensi Pengasuh Bayi dan Anak di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Tiara Medica Ciamis” papar Lina Nurlina.

Lina Nurlina menambahkan, sesuai arahan dari Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Kab.Ciamis Ibu Dra.Hj.Tita Rosita,MM,  dengan mengikuti uji kompetensi diharapkan bisa bergeser dari pola pengasuhan yang tradisional menjadi profesional, yang memiliki cakupan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan perkembangan IPTEK saat ini.”

“Jadi dengan mengikuti pelatihan yang dilanjut dengan Uji Kompetensi. Diharapkan Pengasuh Bayi dan Anak lebih kompeten dibidangnya dan tidak memandang sebelah mata profesi ini. Tentunya ini juga membantu program pemerintah Kabupaten Ciamis dalam mengurangi pengangguran dan menekan angka kemiskinan, “ucapnya.

Di tempat yang sama, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh Penilik Kursus Didi S.Pd, memberikan apresiasi kepada LKP Tiara Medica Ciamis, karena selama ditunjuk sebagai TUK sudah lima kali melaksanakan Uji kompetensi dan hasilnya peserta dinyatakan 90% Kompeten.

“Saya berharap semua LKP yang mempunyai program yang sama di Kab.Ciamis, bisa mengikuti Uji Kompetensi di TUK Tiara Medica Ciamis agar peserta didiknya lebih profesional dalam bekerja, serta mendapatkan sertifikat Kompetensi dari Kemendikbud melalui LSK. Kendatipun jika ada peserta yang dinyatakan belum kompeten, maka dia bisa mengikuti program remedial dengan tanpa biaya alias gratis.“pungkasnya.(IKLAN)***

 

Comment

News Feed