by

Bupati Uu Kukuhkan Kepala SMP se-Kabupaten Tasikmaaya

Kab.Tasik,LINTAS PENA

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum menekankan pentingnya pendidikan berbasis karakter dengan nilai-nilai agama yang harus dijdikan pedoman dalam proses belajar mengajar kepada siswa disekolah.hal tersebut ditegaskan bupati pada acara Pengukuhan dan penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah menengah pertama (SMP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, yang besrlangsung di Pendopo lama Kabupaten Tasikmalaya, Senin (13/11/17). Acara tersebut turut dihadiri oleh anggota DPRD Kab.Tasikmalya Ery Purwanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Abdul Kodir, M.Pd.,Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Drs. Iin Aminudin, M.Si., dan Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tasikmalaya Drs.H.Kundang Sodikin, M.Si.

Bupati mengingatkan, tanggung jawab sebagai Kepala Sekolah sangatlah berat, karena di samping harus memimpin institusi, juga bertindak sebagai pemimpin dalam nenghasilkan anak didik di sekolah yang dipimpinnya.”Tanggungjawab bapak-ibu sebagai kepala sekolah yang paling mendesak adalah menciptakan siswa lulusan SMP dari Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki nilai prestasi yang tinggi, minimal di tingkat Jawa Barat jangan sampai berada Kabupaten Kota lainnya, “tegas Bupati.

Menurut Bupati, kualitas anak didik yang baik dapat dicapai jika sekolah dapat menerapkan akselerasi pencapaian misi pembangunan pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya. “Rumusnya jika ingin berhasil maka nilai-nilai agama haruslah dimasukan dalam setiap pelajaran yang disampaikan. Perkembangan teknologi membuat efek yang positif, tetapi juga dapat berdampak negatif para siswa. Itulah tugas Kepala Sekolah, mari kita fikirkan bersama, jika perlu lakukanlah studi banding ke daerah yang tingkat keberhasilannya sudah dinilai berhasil, “cetus Bupati.

Bupati menambahkan, penerapan pelajaran untuk menghasilkan anak didik yang berkarakter dan berhalakul karimah harus benar-benar dipersiapkan.  ”Suatu saat harus muncul pemimpin bangsa berasal dari tanah Sunda Khususnya Tasikmalaya yang merupakan  hasil pendidikan dan gemblengan nilai-nilai agama dan moral yang baik dari Bapak Ibu Sekalian, “ujar Bupati.

Terkait Pengukuhan kepala Sekolah SMP, Bupati berpanangan bahwa setiap pergantian, rotasi, atau promosi pada tingkat manapun di Lingkungan Pemerintah adalah merupakan Sunatulloh yang harus diterima dengan keimanan dengan jalan  melaksanakan tugas sebaik-baiknaya. ”Di manapun ditempatkan, tentu  selalu ada hikmahnya, terimalah tugas ini sebaik-baiknya untuk demi memajukan pedidikan di Kabupaten Tasikmalaya.

Bupati berpesan agar kepala Sekolah dapat  merawat asset dan fasilitas di sekolah masing-masing. “Saya akan lakukan sidak untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat kemajuan di SMP masing-masing setelah hari ini dikukuhkan, termasuk keberadaan fasilitas sekolah yang penting untuk kenyamanan belajar siswa, “pungkas Bupati.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tasikmalaya Drs.H.Kundang sodikin, M.Si., menerangkan, berdasarkan Keputusan Sekretaris Daerah Kab.Tasikmalaya  Nomor 821:/260/BKD/2017 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kab.Tasikmalaya, guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah berjumlah 11 orang,  Kepala sekolah yang dirotasi sebanyak 48 orang, dan Kepala Sekolah yang dikukukhkan kembali di sekolah yang sama sebanyak 88 orang.   (***)

Comment

News Feed