by

Sebanyak 150 Pelajar Se-Kab.Cilacap Ikuti Lomba Siswa Berprestasi

CILACAP – Sebanyak 150 siswa dari 75 SMP negeri dan swasta, mengikuti lomba siswa berprestasi tingkat SMP tahun ajaran 2017/2018. Tiap sekolah mengirimkan 2 perwakilan, yakni 1 siswa putra dan putri. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kesugihan, Rabu (1/11/2017). Lomba dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Warsono, didampingi kepala bidang dan kepala seksi Dinas P dan K.

“Lomba ini sengaja dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kesugihan karena tempatnya strategis, sehingga dapat dijangkau peserta yang dari timur maupun barat”, kata Sisno Ketua Panitia Lomba,.

Sisno menjelaskan, perlombaan ini merupakan agenda tahunan. Materi yang dilombakan dibagi dalam dua kategori, yakni aspek akademis dan sikap/kepribadian. Untuk aspek akademis, penilaian dilakukan melalui tes tertulis dengan mata uji Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, IPA, Pendidikan Kewarganegaraan, dan IPS.

“Tes tertulis memiliki bobot penilaian 3 poin. Selain itu ada pula penilaian berdasarkan piagam yang diperoleh siswa baik untuk kejuaraan tingkat kecamatan hingga internasional”, katanya.

Sedangkan untuk aspek sikap dan kepribadian, kepemimpinan, dan keterampilan masing-masing memberikan kontribusi bobot penilaian sebesar 1 poin. Pada aspek keterampilan, siswa harus mengikuti ujian keterampilan wajib berupa pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Inggris, dan komputer. Selain itu ada pula uji keterampilan pilihan yakni seni musik, tari, lukis, dan hasta karya.“Setelah semua peserta dinilai, panitia nanti akan menentukan juara 1, 2, dan 3 untuk kategori putra dan putri”, katanya.

Kepala Dinas P dan K Cilacap, Warsono,SH,M.Hum  dalam sambutannya mengatakan. Lomba Siswa Berprestasi merupakan ajang untuk mencari bibit-bibit siswa berprestasi. Oleh karena itu dia meminta seluruh peserta berkompetisi secara jujur dan sehat. Panitia juga diminta bekerja secara obyektif, agar siswa keluar sebagai juara benar-benar memiliki kapabilitas.( humas/dony/ariyanto)***

Comment

News Feed