by

Suherman.DS : Wartawan PIKIRAN RAKYAT Ciamis Meninggal Dunia

Catatan: REDI MULYADI

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un itulah yang terucap dari mulutku saat mendengar kabar wafatnya Suherman.DS wartawan senior yang pensiun Harian Umum Pikiran Rakyat yang bertugas di wilayah kabupaten Ciamis dalam usia 68 tahun. Kabarnya, Kang Herman panggilan akrabnya, meninggal dunia karena sakit.
Siapakah Suherman DS itu?
Bagi saya, nama Suherman DS sudah tak asing lagi, karena dia adalah sahabatku sekaligus guruku kelima setelah Gagan Gartika,SE wartawan Harian Bisnis Indonesia yang juga dosen Uninus Bandung, Didin D.Basoeni dan Hikmat Husnan (keduanya Redaktur mingguan MITRA DESA yang sebelumnya bernama PIKIRAN RAKYAT EDISI CIAMIS kemudiaan berganti nama MITRA PEDESAAN) serta Radikin (kepala perwakilan PIKIRAN RAKYAT Tasikmalaya).
Saya ingat betul ketika pertama kali bertemu Suherman DS di kantor PIKIRAN RAKYAT Ciamis di Jln.Jend.Sudirman. Suatu siang, saya kirim berita secara langsung ke tangan Kang Herman yang didampingi Rahmat Taufik yang kalem orangnya.Begitu memberikan berita, Kang Herman langsung bicara: “ Mun hayang jadi wartawan Pikiran Rakyat (Edisi Ciamis) kudu bisa nyieun berita anu alus, wawancarana kudu bener tur sopan santun, konfirmasi heula ka nara sumber jeung rea-rea deui. Oge ulah poho make Bahasa Indonesia yang baik dan benar.” katanya.
Selain itu, Suherman DS sering menasehati,”Bikinlah berita itu yang singkat, padat dan akurat. Juga penggunaan tata bahasa yang runut supaya enak dibaca.”tuturnya.
“Kang punten, saur guru (Gagan Gartika) simkuring, mun bisa mah milari berita nu matak heboh…..!!”kata saya.
“Maksudna?”
“Mun anjing ngegel jalma mah eta berita geus biasa, tapi mun jalma ngegel anjing tah eta berita luar biasa…”jelas saya.
“Geuning geus jero,lur….!! Saha guru teh?”
“Rusiah eta mah,Kang….! Hehehe…”
Itulah sekelumit awal pertemuan dengan rekan sekaligus guru singkatku Suherman.DS pada bulan September 1987 ketika memulai menerjuni dunia jurnalistik. Sedikit banyak dia telah memberikan ilmu kewartawan yang besar manfaatnya Selamat jalan…..Kang Suherman DS. Keluarga besar PT.LINTAS PENA MEDIA (TABLOID LINTAS PENA, NUANSA POST dan LINTAS HUKUM INDONESIA) menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya, semoga almarhum khusnol khotimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan serta ketawakalan.**

Comment

News Feed