by

Gubernur Jawa Barat Hadiri Seminar dan Talkshow di Kampus SMAN 1 Kota Tasikmalaya

Kota Tasik, LINTAS PENA
Pada hari Selasa 9 Januari 2018 Yang bertempat di Indoor Kampus SMAN 1 Kota Tasikmalaya Gubernur Jawa Barat DR.H.Ahmad Heryawan Lc didampingi Kepala Dinas Provinsi DR.Ir.H.Ahmad Hadadi,Msi   menghadiri acara  Talk Show Kewirausahaan dengan mengambil Thema “ The Best Alternatives By Educational DAN Enterpreneur Ship Inovation” .
Tampak hadir Pada Acara tersebut Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman , Kepala Dinas Pendidikan Drs.H.Achdiat Siswandi MP, Ketua Harian/Sekum Ikatan Keluarga Alumni SMAN 1 Kota Tasikmalaya  atau IKA Satas R.Ahmad Yani Saefudin S.T. M.M  yang juga praktisi dan Konsultan  Bisnis  dan  penulis Buku BIG,Kepala SMAN 1 Kota Tasikmalaya H.Pipin Aripin S.Pd M.MPd,   para guru,  staf beserta 1.280 siswa  siswi SMAN 1 Kota Tasikmalaya, 26 kepala SMA dan  26 Kepala SMK se-Kota Tasikmalaya serta tamu undangan lainnya .”Alhamdulillah, acara talkshow berjalan lancar dan bahkan dihadiri Pak Gubernur Jawa Barat,”ungkap Wakasek Kesiswaan Drs.Oyok Japarulloh, M.MPd  dan Dra.Hj.Rina Satriani kepada LINTAS  PENA.

Kepala SMAN 1 tasikmalaya  H.Pipin Aripin,SPd,M.MPd mengatakan bahwa kegiatan ini adalah merupakan Event Tahunan Kewirausahaan  yang biasa digelar  SMAN 1 Kota Tasikmalaya ini. “Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur, Kepala Dinas Pendidikan Jawa barat yang telah berkenan hadir sekaligus memberikan arahan dan masukan demi kemajuan Sekolah kami yang Kota cintai ini. Juga Kami mengucapkant terima kasih   kepada Bapak Walikota Tasikmalaya  serta kepala Dinas Pendidikan dan tamu undangan lainnya. Inilah wajah SMAN 1 Tasikmalaya dimana mulai awal tahun 2017 kami memilki lapangan indoor yang bisa digunakan unntuk kegiatan ekstrakulikuler, olahraga, upacara, seminar dan lainnya. Bangunan multi fungsi ini dibangun dalam dua tahap yang merupakan bantuan dari Bantuan Gubernur Jawa Barat dan bantuan Waliota Tasikmalaya melalui APBD Kota Tasikmalaya.”jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Panitia DR.H.Yonandi,S.Si,MT mengatakan bahwa SMAN 1 Tasikmalaya yang siap dan mampu menyelenggarakan acara ini dengan baik dan luar biasa, juga ditunjang dengan prestasi membanggakan baik akademik maupun non-akademik (OSN,O2SN,FL2SN,ABSN dll), juga melaksanakan pendidikan keunggulan lokal dan global yang secara eksplisit masuk dokumen kurikulum yatu tahun 2016 SMAN 1 Tasikmalaya terpilih menjadi SMA Kewirausahaan (masuk 204 SMA yang terpilih menjadi SMA Kewirausahaan dari 3.938 SMA se-Indonesia) dengan mengusung visi  SMAN 1 Tasikmalaya menjadi “The Best Alternatives By Educational & Entrepreneurship Innovation”. Pendidikan kewirausahaan ini disisipkan pada silabus mata pelajaran Prakarya, Ekonomi, Kimia, Biologi dan Fisika. Selain itu, SMAN Tasikmalaya adalah SMA berkarakter religius, dimana ditanamkan budaya sikap dan akhlak mulia yang tinggi. Pendidikan ini secara khusus disisipkan pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti dan PKn. Secara khusus setiap semester memiliki program Thoharoh (wudhu, tayamum, Bab Ubudiyah (sholat, wiridan, do’a),BTQ (baca tulis al-Quran, hafidz qur’an minimal Juz A’ma dalam 5 semester. Program umroh anak tiap tahun. Bahkan saa ini ada 13 orang hafidz qur’an.

“Semenjak terpilihnya SMAN 1 tasikmalaya sebagai SMA Kewirausahaan, maka kami secara konsisten berupaya menjaga dan meningkatkan semangat kewirausahaan melalui beberapa langkah yakni 1) memasukkan kewirausahaan pada kurikulum/silabus mata pelajaran PKWU, Biologi, Fisika dan Kimia; 2) secara rutin setiap bulan Maret dan September melaksanakan bazar kewirausahaan; 3) berkomunikasi dan bekerjasama dengan beberapa home industry untuk mengizi bazar; 4) bekerjasama dengan dinas terkait di antaranya mendatangkan nara sumber yakni Kepala Dinas Koperindag & KUKM serta beberapa pengusaha muda sukses di Kota Tasikmalaya; 5) membangun komunikasi intens dengan alumni bbaik berwirausaha maupun pendanaan. Dari pemerintah kami memiliki bantuan dan sebasar Rp.38 juta untuk 38 KUS (Karya Usaha Siswa) yang kami berikan sebagai pinjaman modal awal setia pelaksanaan bazar. Alhamdulillah 98% sukses, semua KUS mendapat keuntungan baik dalam bentuk uang maupun prestasi. Bentuk prestasi maksudnya melalui Habibie Project/Alpha sering meraih juara teknologi tepat guna seperti yang dipamerkan pada acara ini.”paparnya.

Selanjutnya melalui “Seminar Kewirausahaan” yang diselenggarakan sekarang ini, dimana SmAN 1 Tasikmalaya juga menggandeng dinas terkait yakni Dinas Pendidikan, Dinas Koperindag & KUKM dan Dinas Kesehatan sebagai upaya menjembatani lulusan SMAN 1 tasikmalaya memiliki jiwa enterpreuner yang hebat sehingga cemerlang di masa yang akan datang.

”Hari ini kami tunggu suntikan motivasi, konsep maupun strategi meningkatkan mutu pendidikan khususnya di lingkungan pendidikan di SMAN 1 Tasikmalaya, sehingga kami mampu mencetak generasi emas “Golden Generation” yang epat di usia 100 Tahun Indonesia Merdeka  menjadi generasi yang mampu menjadikan bangsa ini bangsa yang besar, makmur dan sejahtera,” jelas Dr.H.Yonandi,S.SI,MT seraya menyebutkan bahwa kegiatan seminar dan talkshow The Best Alternatives By Educational & Entrepreneurship Innovation”   dengan narasumber Gubernur  Jawa Barat DR/H.Ahmad Heryawan,LC.,M.Si dan R Akhmad Yani Saefudin,S.SIT,MM.
Sementara itu,  Gubernur Jawa Barat DR.Ahmad Heryawan Lc mengatakan bahwa SMAN 1 Kota Tasikmalaya ini merupakan sekolah kebanggaan di Jawa Barat Kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini bisa melahirkan  siswa dan siswi yang berjiwa enterpreneur muda yang kuat yang hebat dan unggul bahkan favorit di Indonesia , sehingga bisa mewujudkan kemakmuran dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean ,”harapnya.
Sedangkan  Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman dalam kata sambutannya sejalan dengan kegiatan prigram pak Gubernur Jawa Barat dengan 100.000.000 wirasaha baru dan kamipun pemerintah Kota Tasikmalaya sedang membuat Program 5000 Wira Usaha Baru. “Kami atas nama pemerintah Kota Tasikmalaya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan SMAN 1 Kota Tasikmalaya mudah mudahan dengan kegiatan kewirausahaan ini Kota Tasikmalaya bukan saja dikenal dengan sebutan Kota Santri saja,  tetapi juga dikenal dengan jiwa Enterpreneur yang hebat, lewat IT kuat.Bukan saja membuat tetapi harus bisa menjual ,”harapnya singkat. (ADE BACHTIAR ALIEF)***

Comment

News Feed