by

UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar Cilacap Sukses Berdayakan Masyarakat

Cilacap, LINTAS PENA

UPT SPNF SKB (Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar)  merupakan unit pelaksana teknis dibawah kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap. Selama ini, UPT SPNF SKB Cilacap dinilai sukses dalam memberdayakan masyarakat Kab.Cilacap, terutama kaum generasi mudanya sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap wirausaha serta mempu mengembangan potensi dirinya.UPT Sanggar Kegiatan Belajar ( SKB ) berdiri pada tahun 1998 yang beralamatkan di Jalan Raya Jambusari – Wangon Kecamatan Jeruklegi, dan pada tahun 2004 karena jalur komunikasi sulit dijangkau kantor UPT SKB di pindahkan ke Jalan Dr. Rajiman No. 69 Cilacap. Pada tahun 2007 kantor pusat UPT SKB pindah kembali ke Jalan Raya Jambusari Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap.

Kepala UPT SPNF-SKB Cilacap   Dra. Nurhayati, MM. Pd mengatakan bahwa dasar didirikannya UPT SPNF SKB Cilacap ini  adalah masih banyaknya warga masyarakat yang buta huruf, tidak berkesempatan belajar di jalur pendidikan formal. Banyaknya pengangguran, kemiskinan, dan masalah sosial lainnya, banyaknya anak putus sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap sehingga UPT SPNF SKB Cilacap di harapkan berperan aktif dalam menuntaskan buta huruf, wajar Dikdas 12 Tahun.  Pelayanan PAUD dan Dikmas memperluas pendidikan keterampilan untuk menciptakan masyarakat Kabupaten Cilacap yang gemar membaca dan bekerja serta mewujudkan masyarakat dan generasi muda yang memiliki pengetahuan maupun sikap wirausaha agar mampu mengembangkan potensi yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap “paparnya.

Adapun visi, misi dan tujuan UPT SPNF SKB Cilacap itu sendiri, menurut Dra.Nurhayati,MM.Pd kepada LINTAS PENA di ruang kerjanya antara lain sebagai berikut:

VISI  

“Terwujudnya masyarakat dan generasi muda yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap wirausaha serta mampu mengembangkan potensi yang ada untuk menyiapkan masa depan masyarakat di wilayah Kabupaten Cilacap yang lebih baik.”

MISI

  1. Pengembangan lembaga Satuan Pendidikan Non Formal menjadi lembaga yang mampu melayani masyarakat secara luas di wilayah Kabupaten Cilacap.
  2. Penambahan layanan program PAUD dan Dikmas di wilayah Kabupaten Cilacap.
  3. Meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan program PAUD dan Dikmas yang berorientasi kepada prioritas kebutuhan belajar masyarakat.
  4. Melaksanakan bimbingan, penyuluhan, dan pelatihan bagi tutor, narasumber teknis, pendidik dan kependidikan SPNF Kabupaten Cilacap.
  5. Meningkatkan efektivitas, efisiensi, kesejahteraan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Program PAUD dan Dikmas SPNF Kabupaten Cilacap.

Tujuan

  1. Menjadi SPNF yang menyelenggarakan program PAUD dan Dikmas di Kabupaten Cilacap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pendidikan baik usia sekolah maupun usia di luar sekolah.
  2. Memberikan pelayanan pendidikan PAUD dan Dikmas yang murah terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat miskin, tersingkir, putus sekolah, atau anak usia sekolah yang tidak tertampung di sekolah formal.
  3. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadahi dalam penyelenggaraan program PAUD dan Dikmas.
  4. Menumbuhkan semangat kreatif, inovatif kepada seluruh peserta didik PAUD dan Dikmas dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuannya, dan keterampilannya.

UPT SPNF SKB Cilacap dibawah kepemimpinan Dra. Nurhayati, MM. Pd mengatakan “ Kami telah melaksanakan tugas dan amanah yang diberikan dengan baik, seperti apa yang tercantum dalam Visi, Misi, dan Tujuan UPT SPNF SKB Cilacap. Kami akan terus berusaha bekerja sama dengan masyarakat umum di wilayah Kabupaten Cilacap agar bisa menyelesaikan masalah sosial, buta huruf, kemiskinan, dan masyarakat yang putus sekolah. Harapan saya untuk kedepannya UPT SPNF SKB Cilacap  lebih maju lagi dan melayani secara optimal. Siap selalu mensukseskan 4 pilar Bangga Mbangun Desa, Cilacap Kerja Bersama Sukseskan Bangga Mbangun Desa. “ jelasnya.(H.ARIYANTO SULAEMAN/ RAMA PUTRA)***

 

 

Comment

News Feed