by

Tradisi Makan Bareng Usai Shalat Jum’at di Lingkungan Pemkot Kota Banjar

-Banjar-341 views

Kota Banjar,LINTAS PENA

Suasana  di masjid Sekretariat Daerah Kota Banjar kini lebih hidup. Jumat siang, 19-01-2018 tepatnya usai salat Jumat di teras masjid sudah berderet nasi liwet beserta lauk pauknya yang disajikan dalam kertas nasi. Isinya sederhana, tampak nasi liwet, ikan peda, sambal, lalap dan gorengan.Nasi liwet itu diolah oleh para pegawai perempuan dibantu pelajar Prakerin di Setda Kota Banjar. Nasi liwet diolah saat para pria melaksanakan salat Jumat.
Usai salat tepatnya pukul 12.30 WIB, seluruh pegawai dari mulai Sekda, Asda, kepala dinas, kasubag, staf hingga cleaning service menempati posisi nasi liwet yang sudah disediakan di teras. Mereka berbaur. “Makan nasi liwet ini diadakan rutin seusai salat Jumat,” ujar dr H Ade Setiana Sekda Kota Banjar sambil menyantap nasi liwet.

Nasi liwet itu, kata Ade, selain memakmurkan masjid juga untuk mempererat silaturahmi.
Kearaban pun terasa. Di sela makan liwet bersama, para pegawai pun saling bercerita unik dan menggelitik. “Tumben sekarang tidak ada cuci mulutnya,” seloroh Aan Suparan Kepala Dinas Dukcapil Kota Banjar disambut tawa pegawai lainnya.

Kasubag Kesra H Kaswad mengatakan suasana seperti ini akan terus menjadi tradisi yang dipelihara dan dijaga. “Acara ngaliwet ini diprakarsai oleh asda dan kepala dinas saat pelantikan pejabat eselon II akhir tahun kemarin. Dan diiyakan oleh pak sekda,” katanya.(AJAT SUDRAJAT /HUMAS)***

Comment

News Feed