Drs.Ivan Dicksan Hasannudin,M.Si Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Yang Selalu Bersyukur dan Amanah Jalankan Tugas

Kota Tasik , LINTAS PENA
Pada hari Jumat  22 Desember 2017  yang lalu bertempat di aula Gedung Serba Guna Kota Tasikmalaya, Walikota   Drs.H.Budi Budiman   secara resmi telah melantik Drs.Ivan Dicksan Hasannudin M.Si menjadi Sekretaris Daerah (Sekda).
“Berdasarkan peraturan penerintah Nomor  11 Tahun 2017 dengan disaksikan oleh dua orang saksi masing masing,    Drs.H.Asep Goparulloh M.Pd selaku Asisten Administrasi Umum Setda Kota Tasikmalaya dan  Kuswa Wardana SH  Kepala Badan Kepegawaian , Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPLD) Kota Tasikmalaya telah mengambil sumpah jabatan pegawai negari sipil nama Drs.Ivan Dicksan Hasannudin M.Si  yang dengan keputusan 821.2/Kep.129-BKPPD/2017 tanggal 20 Desember 2017 diangkat dalam jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya isi dari Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan Pegawai Negeri Sipil,” ungkap Drs.Ivan Dicksan Hasannudin M.Si kepada LINTAS PENA.

Seusai dilantik dan diambil sumpah menjadi Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan Hasanuddin langsung bekerja untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang belum terselesaikan. Dia mengaku akan fokus menyelesaikan tugas-tugas sampai akhir tahun, bagaimana mengkoordinir seluruh OPD, melakukan proses pengendalian agar kegiatan bisa selesai tepat waktu di akhir tahun sehingga penyerapan anggaran bisa maksimal.

Ketika ditanya program kerjanya, Ivan Dicksan mengungkapkan, sesuai dengan amanat Walikota berkaitan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), ini juga menjadi fokus kerja saya untuk menyusun rencana pembangunan demi mewujudkan Visi Misi Kepala Daerah tahunn 2017-2022. “Saya harus mengkoordinasikan dan meningkatkan harmonisasi, sinkronisasi, soliditas dan sinergi ditubuh ASN agar bisa bekerja bersama-sama, berjalan seiringan sesuai tupoksi masing-masing untuk melayani masyarakat,”paparnya.
Pria kelahiran Bandung tanggal 3 Juli 1966 ini mengatakan bahwa jabatan itu  hakikatnya pemberian Alloh SWT  dan merupakan amanah yang harus disyukuri dan dilaksanakan sebaik mungkin sebagai abdi negara,jelas  suami dari DR .Arifah Rosmajudi,S.IP,M.Si
Dari hasil pernikahannya,  Drs.Ivan Dicksan dikarunia tiga orang anak yaitu  Varesha Rizki Alvinaldo,  Vaizzan Rahyan Alvinaldi dan   Vanissa Rahma Aliva.

Bila melihat perjalanaan kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Ivan Dicksan cukup mulus dan bahkan melesat pesat. Kini dia mencapai puncak jabatan di birokrasi menjadi Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya yang dilantik Walikota Drs. Budi Budiman pada 22 Desember 2017. “Jujur saja, saya tidak bermimpi untuk menjadi Sekda, karena selama ini saya hanya bekerja dan bekerja secara maksimal, menjalankan amanah/ tugas sebagai abdi negara. “katanya.

Dia menjelaskan, perjalanan kariernya bagaikan air yang mengalir, tetapi dia mengarahkan agar mencapai tujuan. Artinya, fokus dalam bekerja untuk mencapai hasil yang maksimal. Ivan Dicksan pun kini menikmati kerja kerasnya selama meniti karier sebagai PNS dengan jabatan Sekda Kota Tasikmalaya saat ini. “Prinsip saya, setiap tugas harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya sekadar menyelesaikan tugas, tapi juga memberikan hasil terbaik. Saya tidak ingin mengecewakan siapapun, termasuk pimpinan yang memberi tugas. Total dalam bekerja adalah mutlak,” tuturnya.

Adapun perjalanan karirnya, Ivan Dicksan awalnya  sebagai pegawai di lingkungan  Dinas Sosial Jawa Barat Cabang Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian  dirinya diamanahi jabatan Lurah Tugujaya, Cihideung, pada 2000. Itu merupakan awal capaian terbaik dirinya setelah diangkat jadi PNS. Saat Kota Tasikmalaya terbentuk, 2001, otomatis dia masuk PNS Pemkot Tasikmalaya. Perjalanan kariernya terus menanjak. Pada awalnya, dia dipercaya jadi Kasubid Infrastruktur di BAPPEDA, selanjutnya jadi Kasubag Perencanaan Program  di Bappeda. Pada 2006, pria ramah ini dipindahtugaskan ke Bagian Setda menjadi Kasubag Perencanaan Program. Ivan Dicksan pernah menjabat jadi   camat  dan  dipromosikan jadi Kabag TU di Dinas PU, lalu sekretaris dinas, sampai kepala dinas. Sebelum menjabat Sekda,  dia menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan selama  7 bulan menjabat Plt Sekda Kota Tasikmalaya menggantikan Drs.H.I.Hidayat M.Si yang pensiun  pada bulan April 2017 yang lalu. Dan  banyak yang meyakini, Ivan bakal resmi menjadi komandannya para PNS.Hal ini terbukti saat dilantik Walikota Tasikmalaya pada 22 Desember 2017, dimana Drs.Ivan Dicksan Hasanuddin,M.Si menjadi Sekda Kota Tasikmalaya.

.” Alhamdulillah sekarang saya diberi amanah dan kepercayaan menjadi Sekda Kota Tasikmalaya, mohon do’anya saja dari semua pihak, mudah mudahan saya bisa mensyukuri dan selalu amanah dalam menjalankan tugas serta  mendapat ridho Alloh SWT. “tuturnya.(ADE BACHTIAR ALIF)***

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *