by

Wakil Bupati Tasikmalaya Membuka Musda DMI dan BKMM

Kab.Tasik, LINTAS PENA

Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid (BKMM) Kabupaten Tasikmalaya, harus dapat meningkatkan fungsi pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara sebagai wahana untuk memperkokoh nilai-nilai solidaritas internal dalam rangka membangun budaya organisasi yang lebih maju dan menjadi bagian dari perjuangan memakmurkan masjid, terutama dalam memaksimalkan fungsinya dalam membina Umat Islam dalam mewujudkan pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Tasikmalaya. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto, S.IP., dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) DMI dan BKMM Kabupaten Tasikmalaya di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna,  Kamis (15/3/18)

Wakil Bupati mengatakan, masjid adalah tempat ibadah yang di dalamnya terkandung nilai-nilai jamaah atau kebersamaan dan kesetaraan, di mana interaksi manusia di dalamnya tidak disekat etnis, budaya dan status sosial, karena yang membedakannya adalah ketakwaannya kepada Allah SWT. ”Kebersamaan adalah symbol untuk saling menghargai, saling peduli, dean saling menghormati, baik terhadap sesama jamaah maupun orang lain di luar komunotas, sejalan dengan fitrah manusia sebagai mahluk sosial yang saling tergantung di antara satu dengan yang lain, “tutur Wakil Bupati.

Wakil Bupati berharap masjid-masjid di Kabupaten Tasikmalaya akan menjadi kekuatan sosial yang dapat menghimpun, mengolah dan mendistribusikan potensi umat kepada para pihak yang membutuhkan, terutama untuk memenuhi amanah bahwa Islam adalah rahmat bagi sekalian alam. “Masjid hendaknya menjadi basis ideologi dan spiritual umat Islam, yang berperan sebagai wahana untuk mamasilitasi berbagai upaya pemberdayaan dan penguatan kapasitas umat di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, budaya serta berbagai bidang lainnya. Disinilah peran penting DMI dan BKMM dapat berkontribusi dalam memberdayakan umat, “ucap Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, DMI dan BKMM Kabupaten Tasikmalaya harus dapat meningkatkan kualitas kesalehan sosial dan sarana pemersatu menuju figur muslim sejati, yang sehat, cerdas, tangguh, dan dapat diandalkan, termasuk juga untuk membantu terciptanya suasana kehidupan bernegara yang rukun, aman, nyaman, bertoleransi dan kondusif.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Tasikmalaya memberikan bantuan berupa kendaraan operasional roda empat kepada Ketua DMI Kabupaten Tasikmalaya KH.Dede Saeful Anwar.(***)

Comment

News Feed