by

Pembangunan Kampus PSDKU Unpad di Desa Cintaratu Kec.Parigi Kab.Pangandaran

Pangandaran , LINTAS PENA

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyaksikan penyerahan hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran kepada pihak Universitas Padjajadjaran   seluas lebih kurang 30 Hektar, juga sekaligus peletakan batu pertama pembangunan kampus PSDKU UNPAD berlangsung pada Sabtu 31/3/2018 .

Lokasi kampus PSDKU Universitas Padjadjaran Pangandaran akan dibangun dengan mengelilingi wilayah ceruk batu yang telah di tetapkan sebagai zona hijau kampus , di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi . Kampus yang nantinya terdiri dari zona akademik dan zona penunjang akademik ini akan di bangun berdasarkan masterplan serta Detail Engineering Design ( DED) dikarenakan lokasinya yang berada di dataran tinggi area kampus juga akan ditambah dengan berbagai fasilitas ruang terbuka , seperti taman jalur telusur hutan ( forest walk) juga di lengkapi dengan gardu pandang.

Kemudian beberapa bangunan yang akan di bangun meliputi gedung akademik , ruang praktinum , pusat kegiatan mahasiswa, masjid , asrama mahasiswa , area olahraga , asrama dosen , serta penginapan untuk umum .   Untuk tahap pertama rencananya akan di bangun satu Gedung Kuliah dan Laboratorium , satu gedung pusat administrasi , satu gedung asrama dan satu gedung multi fungsi .

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan , kampus PSDKU Unpad di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi ini akan di arahkan dengan ciri khas ” Kampus Pantai “.

Sebagai salah satu upaya Universitas Padjadjaran dalam meningakatkan pembangunan wilayah Jawa Barat khususnya Priyangan Timur Unpad membuka Program Study di luar Kampus utama ( PSDKU) Pangandaran mulai Tahun 2016,dan hingga saat ini untuk kedua angkatan ( 2016 dan 2017 mahasiswa aktif berjumlah 198 , terdiri dari lima prodi . dalam jangka panjang PSDKU Pangandaran di harapkan dapat menampung 10 mahasiswa .

Bupati Pangandaran  H Jeje  Wiradinata dalam sambutanya menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas dukungan anggaran yang begitu besar dari Provinsi Jawa Barat ”Lahan ini tadinya akan di gunakan sebagai pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Pangandaran namun setelah sekian lama berfikir bahwa pendidikan lebih menjadi prioritas , maka akhirnya kita serahkan untuk di gunakan sebagai Kampus PSDKU Universitas Padjadjadran ”, ungkapnya

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Aher dalam sambutanya menyampaikan, dengan hadirnya Kampus Universitas Padjadjaran di Pangandaran ini akan menambah SDM  serta akan menjadi kebanggaan masyarakat Pangandaran. “Kita juga berjanji akan segera mengeluarkan Izin Amdal agar pembangunan kampus ini segera terealisasi .” tutup Aher. (EVA LUSITA)***

 

Comment

News Feed