Wakil Bupati Tasikmalaya Kagumi Pembangunan Kantor Desa Banyurasa Hasil Swadaya

Kab.Tasik, LINTAS PENA

Wakil Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto,S.IP mengaku kagum terhadap kebersamaan masyarakat Desa Banyurasa Kec.Sukahening yang antusias membangun kantor Pemdes Banyurasa yang megah secara swadaya.

“Sebuah bangunan kantor Pemdes Banyurasa yang fisiknya sempurna, menghabiskan biaya sebesar Rp. 2.473.000.000, dan sebagian biayanya dihasilkan dari swadaya masyarakat. Saya kagum atas kebersamaan masyarakat Desa Banyurasa dalam membangun desanya sendiri agar lebih maju. Gerakan Membangun Desa memang harus seperti ini, membangun Desa dengan bergotong royong,tidak harus mengandalkan anggaran dari pemerintah”ungkap Wakil Bupati Tasikmalaya dalam kata smbutannya saat peresmian kantor desa setempat.

Karena itu, lanjut H.Ade Sugianto, kebersamaan Pemdes Banyurasa dengan masyarakatnya patut dicontoh oleh desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Tasikmalaya khususnya.Ini akan jadi percontohan bagi desa yang lainnya, bagimana menerapkan anggaran Dana Desa dengan baik sehingga tercipta infrastrukutur dan bangunan sarana umum serta termasuk kantor pemerintahan desa yang megah untuk memberikan layanan dan pelayanan kepada masyarakat,paparnya.

“Saya berharap, pembangunan kantor Desa Banyurasa ini tidak berhenti sampai di sini. Dengan kata lain, asyarakat harus bisa mengaktifkan, mengefektifkan, dan mengaktualisasikan pembangunan yang lain, terutama ekonomi agar masyarakat mandiri dan sejahtera,”pungkas Plt Bupati Tasikmalaya.

Sementara itu, Kepala Desa Banyurasa Nanang Romli,S.IP menjelaskan, selain upaya pemerintahan desa yang dipimpinnya dalam menggunakan anggaran bantuan pemerintah, juga adanya kebersamaan masyarakat Desa Banyurasa demi kemajuan pembangunan di desanya sendiri. Dalam mewujudkan pembangunan kantor yang megah ini tidak terlepas adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat desa.” Dengan dibangunnya kantor kepala desa ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi masyarakat,juga menunjang kesejahteraan masyarakat desa kami,”ujarnya.

Nanang Romli,S.IP menambahkan, bahwa luas bangunan kantor Desa Banyurasa sekitar 100 bata, sedangkan anggaran untuk membangunnya berasal dari kucuran bantuan pemerintah melalui APBD Kab.Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat melalui DD, juga terpenting hasil swadaya masyarakat cukup besar.(ADE BACHTIAR ALIEF)***

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *