by

PMD dan Tenaga Ahli P3MD Rohil Lakukan Pembinaan dan Pendampingan BUMDes

Rokan Hilir, LINTAS PENA

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rokan Hilir turun gunung lakukan pembinaan dan Pendampingan Badan Udaha Milik Desa (BUMDes) Se-Kabupaten Rokan Hilir. Pada kali ini,hari  Rabu (11/4/2018) adalah giliran kepenghuluan se-Kecamatan Rimba Melintang dan sebelumnya pada pagi nya hingga siang kegiatan di laksanakan di kepenghuluan se-Kecamatan Batu Hampar. Hal itu disampaikan Suhendra Kasi Dinas PMD Rokan Hilir.

Pada acara itu terlihat Kasi Dinas PMD di dampingi oleh Tenaga Ahli P3MD Rohil yaitu Joko Susilo  Tenaga Alih bidang Pelayanan Sosial Dasar (PSD),Jufrizal Tenaga Ahli bidang Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Burhanuddin ,S.Hut.M,Sc Camat Rimba Melintang , Jiswanto sebagai Penamping Desa (PD),Firdaus bidang  Penamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) serta Purnama Indra dan Syaipul sebagai Penamping Lokal Desa (PLD). Sedangkan peserta terdiri dari 11 orang merupakan utusan sebelas kepenghuluan se-Kecamatan Rimba Melintang yang didampingi oleh Seketaris kepenghuluaannya masing-masing.

Camat Rimba Melintang Burhanuddin,S.Hut,M.Si  menegaskan kepada kepenghuluan yang belum mendirikan BUMDes agar secepatnya dapat terbentuk dan BUMDes. Kemudian yang sudah terbentuk diharapkan serius dan fokus menjalankan usaha BUMDes nya sesuai dengan potensi yang di miliki kepenghuluannya masing-masing selanjutnya Penghulu harus menganggarkan ke dalam APBKep untuk modal usaha BUMDes.”ujarnya.

Sementara itu, Joko Susilo Tenaga Ahli bidang PSD menjelaskan bahwa Tenaga Ahli P3MD Rokan Hilir itu ada enam orang “Kami dua orang yang hadir saat ini bukan membidangi BUMDes .Namun kami tetap membantu karena saat ini ada dua agenda bersamaan yang dilaksanakan. makanya kami berbagi tugas namun mengenai BUMDes kepenghuluan yang belum terbentu. Pertama lakukan dulu sosialisasi kemudian dirikan BUMDes setelah pengurus BUMDes nya terbentuk baru ikuti pelatihaan, dan kepenghuluan wajib mennyelegarakan ke dalam APBKep dana penyertaan modal BUMDes dan Direktur BUMDesnya mengajukan proposal kelayakan usaha kepada kepenghuluan.”paparnya.

Walaupun Tenaga Ahli yang hadir pada pembinaan dan penampingan BUMDes itu bukan bidangnya , namun salah satu peserta mengaku merasa puas dan jelas tentang BUMDes.”Semua peserta terlihat serius dan antosias mengikuti acara pembinaan itu, sepertinya mereka para tenaga ahli itu terlihat sangat menguasai BUMDes dan sangat propisional…”ujarnya.(SB)***

Comment

News Feed