by

Warga Langkaplancar Sambut Meriah Pelaksanaan Ortrad Tingkat Kab.Pangandaran

 

 

Pangandaran, LINTAS PENA

Pada tanggal 10 April 2018 kemarin, telah diselenggarakan invitasi olahraga tradisional (ortrad) pelajar SD sederajat tingkat Kabupaten Pangandaran bertempat di lapang sepakbola Citangkalak Desa Karangkamiri Kec.Langkaplancar. Pelaksanaan ortrad tingkat Kab.Pangandaran ini berlangsung meriah, aman ,tertib, lancar, kondusif dan sukses. Warga masyarakat Kec.Langkaplancar pun menyambut kegiatan ini dengan penuh antusias.

Pembukaan ortrad oleh Kepala Disdikpora Kab.Pangandaran Drs.H.Surman,MPd. Dalam kata sambutannya, Kepala Disdikpora Drs.H.Surman,MPd mengatakan, bahwa olahraga dan permainan tradisional sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan oleh semua pihak, terutama di lembaga pendidikan yang berada di bawah naungannya. Dalam kegiatan ortrad ini dipertandingkan 5 cabang olahraga yakni dogongan, tarumpah panjang, egrang, sumpitan dan dahangan.

“Kami minta bermain yang sprotif dan bisa meraih prestasi. Sebab, sebelumnya Pangandaran meraih prestasi tingkat provinsi cabor egrang. Mudah-mudahan nanti ada lagi dari Pangandaran yang berprestasi di tingkat provinsi, termasuk bcabor egrang” katanya.

Dengan digelarnya ortrad ini tingkat Kab.Pangandaran, menurut Ee,SPd, ke depan olaharaga maupun permainan tradisional bisa semakin dikenal dan lestari di masyarakat. “Karena di Jawa Barat sangat banyak sekali jenisnya. Maka dari itu sangat perlu untuk dikembangkan lagi agar para generasi saat ini lebih kenal dengan warisan leluhur kita,” pungkasnya, seraya menyebutkan kalau kontingen ortads yang menjadi Juara Umum adalah Kecamatan Laangkaplancar.(DENI E.KOSWARA)****

Comment

News Feed