by

H. Cecep Susilawan, S.Pd., M.M. Kepala SMPN 11 Tasikmalaya Juara Ke-2 Kepala Sekolah SMP Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018

Seleksi Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat, 23  sampai 26 Mei 2018 bertempat di Hotel Pesona Bamboe Lembang Bandung. Kepala Bidang GTK Disdik Provinsi Jawa Barat mewakili Kadisdik Provinsi Jawa Barat telah mengumumkan hasil Seleksi dan sekaligus menyerahkan Piagam Penghargaan kepada para Juara.

Hasil seleksi Kepala Sekolah  Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat untuk jenjang SMP, kandidat Kota Tasikmalaya H. Cecep Susilawan, S.Pd., M.M. Kepala SMPN 11 Tasikmalaya,  telah sukses meraih Juara 2  Kepala Sekolah Berprestasi Provinsi Jawa Barat tahun 2018. Piagam Penghargaan dan tabungan pembinaan  telah diserahkan   Kabid GTK Disdik Provinsi Jawa Barat kepada H. Cecep pada acara penutupan Seleksi Kepsek Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat, Sabtu 26 Mei 2018.

Cecep menuturkan, permohonan maaf sehubungan dengan belum dapat memberikan prestasi yang terbaik untuk Kota Tasikmalaya. “Sungguh seleksi yang sangat ketat utk jenjang SMP, terbukti perbedaan Nilai untuk Juara 1 dengan jumlah 75,9 sedangkan Juara 2 dengan jumlah 75,6. Artinya hanya selisih nilai 0,3 antara Juara 1 dan 2.”ungkapnya kepada LINTAS PENA.

Dihadapan seluruh peserta seleksi Kepsek TK, SD, SMP, SMK,SMA  H. Cecep Susilawan, S.Pd., M.M. menjadi perwakilan dari seluruh kepala sekolah untuk Testimoni Best Practice dan kesan pesan. Dihadapan  Kabid GTK Disdik Provinsi Jawa Barat, Akademisi/Praktisi Pendidikan, Tim Juri, H. Cecep menyampaikan “Kepala Sekolah sebagai Agen Perubahan dan harus menjadi Pionir untuk mewujudkan Peradaban  Pengelolaan Pendidikan yang berkemajuan di Jawa Barat” yang memboyong prestasi sebagai Juara 2.

Sebagaimana diketahui, bahwa Kepala SMPN 11 Tasikmalaya  H.Cecep Susilawan,S.Pd,M.M meraih Juara 1 pada seleksi Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdidikasi tingkat SMP se-Kota Tasikmalaya tahun 2018, beberapa waktu lalu. Karena itu, dia menjadi perwakilan dari Kota Tasikmalaya untuk mengikuti seleksi Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdidikasi tingkat Provinsi Jawa Barat, dan akhirnya berhasil memboyong Juara 2. “Alhamdulillah, saya bisa membawa pulang prestasi, meski hanya Juara 2,”katanya.Cecep Susilawan, S.Pd., M.M.memang layak meraih prestasi, karena selama ini dia dikenal koleganya sebagai pribadi yang tegas, disiplin, terbuka, pengayomi, visioner, berani berargumentasi dan selalu berinovasi. Pada seleksi Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi itu, dia memilih judul Best Practice “Strategi Inovasi 8K untuk Mendongkrak Prestasi SMPN 11 Tasikmalaya di Tingkat Provinsi dan Nasional.

Tema tersebut dipilih, menurut Cecep, karena kepala sekolah harus memiliki jiwa kewirausahaan dan itu sangat penting. “Alasannya, bahwa entrepreneurship adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar untuk mencari dan memanfaatkan peluang sebaik baiknya guna mencapai titik sukses. Nah, dunia pendidikan ini telah membuka banyak kesempatan untuk kita berekspresi mengembangan talenta dan modal dasar kelebihan kita masing-masing,”paparnya

Jika sekolah menginginkan banyak meraih prestasi, lanjut pria kelahiran Desa Medanglayang Kec. Panumbangan Kab.Ciamis putra  dari almarhum Bapak Otong dan Ibu Hj.Kartini  ini, strateginya adalah besarkanlah  kemauan dan kemampuan berinovasi kepala sekolah dan warga sekolah, yakni dengan merencanakan strategi inovasi yang disesuaikan daya dukung keluarga, sekolah dan masyarakat itu sendiri. “Selain itu, sekolah perlu menerapkan 8-K yakni komunikasi, komitmen, konsisten, keteladanan, kebersamaan, keterbukaan, kesejahteraan dan kebanggaan. Strategi 8-K ini untuk mendongkrak prestasi SMPN 11 Tasikmalaya di tingkat Provinsi Jawa  dan nasional baik dalam bidang akademik maupun non akademik,  ”pungkas H.Cecep Susilawan,S.Pd,M.M di ruang kerjanya.(ADE BACHTIAR ALIEF)****

 

Comment

News Feed