by

Kesbangpol Kota Tasikmalaya Menggelar Acara Silaturahmi Sekaligus Pembinaan Ormas dan LSM

Kota Tasikmalaya, LINTAS PENA

Pada hari Selasa (10/7/2018), Kesbangpol Kota Tasikmalaya menggelar acara “Silaturahmi dan Pembinaan  Organisasi Kemasyarakatan Dan Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM)” se-Kota Tasikmalaya bertempat di Gedung Serbaguna Balekota dibuka oleh Wakil Walikota Drs. H.Muhammad Yusuf. Dalam acara tersebut diikuti oleh 398 lembaga LSM dengan mengusung tema “Peran Ormas dan LSM dalam  Mengawal Demokrasi dan Akselerasi Pembangunan Daerah”.
Dalam kata sambutannya, Wakil Walikota Tasikmalaya Drs.H.M.Yusuf mengatakan, bahwa silaturahmi hendaklah menjadi suatu budaya yang mendarah daging dalam kehidupan keseharian.”Silaturahmi memiliki dua dimensi, pada satu sisi kepentingan individual masing-masing pada sisi lain sebagai kepentingan komunial”.tuturnya.

Drs.H.M.Yusuf menjelaskan, pembangunan daerah dan penyelenggaraan pemerintahan memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu tata kelola pemerintah yang baik dan untuk mencapai hal tersebut terdapat tiga pilar yang harus dipenuhi yaitu masyarakat, pemerintah, dunia usaha/swasta dan tokoh-tokoh perorangan. ”Saya mengajak, agar  kita semua terus berupaya memahami berbagai sisi dan dimensi pembangunan yang melingkupi daerah kita, mulai dari kendala/hambatan, dan tantangan potensi gangguan dan ancaman serta peluang dan prospeknya,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya Drs. H. Deni Diyana, M.Si   menjelaskan, sesuai dengan UUD 1945 No.13 Tentang Organisasi Kemasyarakatan menjamin kemerdekaan yang berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat serta memajukan dirinya haknya secara individu ataupun kolektif untuk membangun masyarakat  bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai perwujudan hak asasi manusia (HAM).

Dalam  pelaksanaan silaturahmi Ormas dan LSM se-Kota Tasikmalaya ini, lanjut Drs.H.Deni Diyana,M.Si, dengan tujuan membangun ormas dan LSM  yang berpengetahuan luas, berlimu, dan bisa menjawab berbagai persoalan yang ada di Kota Tasikmalaya dengan ilmu pengetahuan dan akal sehat, mengkokohkan ormas menuju the power of friges for positif tingkhing dan meningkatnya peran ormas dalam menjaga stabilitas Kota Tasikmalaya.

“Adapun maksud dengan forum silaturahmi dan pembinaan Ormas/LSM  untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman untuk memantapkan semangat persaudaraan, persatuan, dan kesatuan bangsa dalam rangka menciptakan dan memelihara iklim yang kondusif serta menuntut keikutsertaan secara aktif seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan nasional, khususnya dalam wilayah Kota Tasikmalaya.” tuturnya.

Kepala Kesbangpol Kota Tasikmalaya ini mengakui, bahwa ormas dan LSM mempunyai peranan yang cukup penting bagi pembangunan bangsa dan daerah. Ormas dan LSM dapat mengambil peran untuk memperbaiki kondisi yang ada, dalam rangka menciptakan civil society yang kuat dan mandiri, melalui peran-peran pemberdayaan masyarakat, advokasi public dan pengawasan kebijakan pemerintahan daerah. “Harus diakui,
eksistensi dan peran Ormas/ n dan LSM di Kota Tasikmalaya telah memberikan warna dalam upaya-upaya memperkuat civil society. Namun harus diakui juga bahwa tak semua Ormas  dan LSM berperan sebagaimana seharusnya, yaitu sebagai pilar hadirnya civil society. Karena beberapa Ormas dan LSM justru melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari fungsinya serta melakukan berbagai tindakan yang dapat merusak ketahanan nasional.
“Karena itu, sesuai amanat undang-undang, Pemerintah Kota Tasikmalaya  melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), berupaya melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap Ormas  dan LSM yang ada. Dengan demikian, diharapkan akan mendorong peningkatan kualitas kelembagaan Ormas  dan LSM. Dengan digelarnya acara silaturahmi sekaligus pembinaan ini diharapkan akan terciptanya ormas dan LSM  yang berpengetahuan luas, berilmu, dan bisa menjawab berbagai persoalan yang ada di Kota Tasikmalaya dengan ilmu pengetahuan dan akal sehat, mengkokohkan ormas menuju the power of friges for positif tingkhing dan meningkatnya peran ormas dalam menjaga stabilitas Kota Tasikmalaya.(ADVERTORIAL)***

 

Comment

News Feed