Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya , Uus Firdaus, S.E : “Prinsip Saya Dalam Bekerja Adalah Ikhlas dan Enyoy Saja…!!!”

UUS FIRDAUS,SE adalah sosok pria low profil yang selama ini melayani anggota dewan, dengan jabatan vital sebagai Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya, sejak dia dilantik pada 19 November 2013. Kini dia harus melepas jabatannya itu karena memasuki purna bhakti sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) per 1 Agustus 2018 ini.

“Ya,saya purna bhakti saat menjabat Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya, dan rasanya berat sekali. Karena seluruh anggota dewan sudah seperti keluarga,”ungkap Uus Firdaus kepada LINTAS PENA.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa keberhasilan kinerja anggota  DPRD tidak terlepas dari peran serta seorang sekretaris dewan (sekwan).  . Meskipun tidak pernah muncul dihadapan publik , namun seorang sosok sekwan memiliki peran untuk bisa menjaga keharmonisan lembaga DPRD. Begitu pun dengan keberhasilan DPRD Kota Tasikmalaya yang mengantarkan Pemerintah Kota Tasikmalaya mendapat penghargaan opini WTP dari BPK RI dua tahun berturut-turut.

Uu Firdaus,SE mengakui, selama menjabat Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya tentunya dia harus mendampingi 45 anggota DPRD yang berasal dari berbagai partai politik, mereka berbeda karakter, berbeda keinginan dan berbeda latar belakang. Namun, dia telah berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh anggota dewan dan  bisa mengharmoniskan, sehingga kinerja lembaga DPRD tetap terjaga dengan baik. “Dalam hal ini, kunci yang saya terapkan dalam mendampingi dan memberikan pelayanan adalah saling menghargai. Tanggalkan jabatan kita , tapi fokuskan pada tugas dan fungsi kita di lembaga yang kita tempati . Tantangan dan kendala akan datang tidak mengenal waktu . Disinilah kita harus selalu siap dan siaga, ketika mereka membutuhkan saya. Prinsip saya dalam bekerja adalah ikhlas serta enjoy saja. Kemudian jangan pernah mengabaikan dialog atau komunikasi. Memberikan pemahaman kepada mereka semua apabila ada hal-hal yang dirasa kurang tepat, baik itu kebijakan atau hal-hal yang lainnya, sehingga mereka juga paham dan tidak memaksakan. Saya  juga sering memberikan masukan – masukan kalau ada sesuatu hal yang dianggap urgen.”papar pria yang banyak inovasi dalam melaksanakan tugasnya sesuai tupoksi

Selain mendampingi   anggota DPRD, Uus Firdaus  juga memimpin teman-teman ASN yang lain di lingkup Sekretariat DPRD Kota Tasikmalaya. “Sebagai pimpinan, tentu saja saya harus tegas dalam memberikan wejangan tetapi mengedepankan kekeluargaan, jangan sampai apa yang saya lakukan menyinggung perasaan orang lain.”tuturnya.

“Jadi walaupun bagaimana , pesan dari saya ini memohon kepada semua pihak khususnya DPRD dan anggota serta sekretariat yang memfasilitasi.   Itu saling  menunjang .Ada hubungan kekeluargaan . Jadi keluarga besar ini ada sifat keluarga besar DPRD dan keluarga besar Sekretariat DPRD . Ini satu rumah yang besar harus menjalin hubungan yang baik . Ini sebetulnya, pekerjaan di DPRD ini unik, sangat pelik . Dan  itu tergantung meminij (management)  kita selaku pimpinan kesekretariat itu bagaimana untuk memoles organisasi ini baik dan benar,  tidak merugikan  satu sama lain.

“Selama ini, alhamdulillah kita sudah melaksanakan kegiatan 3 tahun ke belakang ini. Hal menggembirakan, kita sudah mencapai opini WTP selama 2 tahun berturut-rurut. Termasuk didalamnya Kesekretariatan DPRD tidak ada masalah secara administrasi maupun non administrasi . Hal hal yang seperti ini sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dimana  kerja sama  antara kita semua bagaimana untuk  berkesinambungan kedepan . Walaupun saya sudah berakhir di tahun  2018  per 1 Agustus .”katanya

Adapun perjalanan karier Uus Firdaus bermula di tahun 1980 bertugas di Depertemen Penerangan Kabupaten Tasikmalaya. Setelah ada pembubaran departemen penerangan, dia masuk ke perangkat daerah dibawah Depdagri ,dan ditempatkan di Kantor Pelayanan Satu Atap Kabupaten Tasikmalaya. Kemudian dia pernah bertugas sebagai Kabag TU Kantor Perizinan Terpadu Satu Atap Kabid Pendapatan dain-lain di Dispenda. Selanjutnya menjadi  Kabag Umum di DPRD Kota Tasikmalaya, pernah juga di Wadirum RSUD dr Soekardjo, terus di staf ahli juga pernah dan dari tahun 2013 sampai saat ini sebagai Sekretaris  DPRD Kota Tasikmalaya hingga purna bhakti.

Selama 40 tahun mengabdi sebagai aparatur sipil negara (ASN), Uus Firdaus mengaku bersyukur, karena sudah mendapatkan tiga penghargaan dari pemerintah. Yakni penghargaan pengabdian dan kinerja. “Bagi saya, dalam bekerja bukan untuk mencari penghargaan, tapi bagaimana kita bisa bekerja sama dengan baik dan memberikan pelayanan yang terbaik. Karena prinsip saya dalam bekerja adalah ikhlas serta enjoy saja. Selama menjadi ASN, tentu banyak pengalaman yang saya dapatkan. Dengan pengalamam tersebut melatih saya untuk berpikir lebih dewasa dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul di pekerjaan kita.”pungkasnya. (HUMAS SEKRETARIAT DPRD KOTA TASIKMALAYA/ ADVERTORIAL)***

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.