DPRD Kota Tasikmalaya Menggelar Rapat Paripurna Ke-1 “Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2018-2019, Penyampaian Nota Keuangan dan Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018”

Kota Tasik, LINTAS PENA.
Sekretaris DPRD Kota Tasikmalaya Drs.H.Oslan Khaerul Falah,M.Si  kepada LINTAS PENA usai acara paripurna mengungkapkan, bahwa pada hari  Jum’at (24/8/2018),  DPRD Kota Tasikmalaya telah menggelar Rapat Paripurna Ke-1 mengenai “PEMBUKAAN MASA PERSIDANGAN I TAHUN SIDANG 2018-2019, PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN DAN RAPERDA PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2018” yang  dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H.Agus Wahyudin,SH, MH didampingi Wakil Ketua H.Muslim,S.Sos,M.Si, dan H.Nurul Awalin,S.Ag,M.Si serta dihadiri Walikota Drs.H.Budi Budiman, Wakil Walikota Drs.HM.Yusuf, Forkopimda, para kepala dinas/OPD dan tamu undangan lainnya.

“Dalam rapat paripurna yang digelar DPRD Kota Tasikmalaya tadi itu, penyampaian hasil reses masa persidangan II tahun 2017/2018 hasil serapan anggota dewan di masing-masing dapil, juga penyampaian nota keuangan dan Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 yang disampaikan Waikota Tasikmalaya. “Alhamdulillah, pelaksanaan rapat paripurna kali ini berlangsung lancar, aman, tertib dan kondusif sebagaimana diharapkan,”jelasnya.

Drs.H.Oslan Khaerul Falah,M.Si menjelaskan, bahwa anggota DPRD Kota Tasikmalaya H.Dayat Mustafa,S.IP sebagai perwakilan Dapil 1 (Cihideung, Tawang dan Bungursari), pihaknya menginventarisir aspirasi masyarakat berdasarkan skala prioritas yakni bidang sosial masyarakat, perekonomian, insfrastruktur, kesehatan, pengelolaan sampah dan penerangan jalan umum (PJU), serta keamanan dan ketertiban.

“Setelah mengkaji apa yang menjadi aspirasi masyarakat, kami jajaran anggota DPRD Kota Tasikmalaya yang berada di Dapil 1 menyadari betul bahwa kompleksitas permasalahan di masyarakat di antara keberhasilan pembangunan di Kota Tasikmalaya membutuhkan kerjasama yang kuat antara eksekutif, legislatif dan seluruh komponen masyarakat. Karena itu, kita tentunya berterima kasih kepada Walikota Tasikmalaya beserta jajarannya atas kinerjanya yang telah dilaksanakan selama ini dinilai sudah cukup baik. Namun demikian, sudah sewajarnya saran dan masukan serta aspirasi masyarakat tang dirangkum dari hasil reses ini menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi pihak eksekutif, terutama dari Walikota Tasikmalaya agar lebih baik lagi,”papar H.Dayat Mustafa,S.IP.

Sementara itu, lanjut Sekwan Oslan, anggota DPRD Kota Tasikmalaya mewakili Dapil 2 (Cipedes dan Indihiang) yakni Drs. H. Ate Tachyan  mengatakan, yang menjadi isu pada reses di wilayahnya yakni adanya beberapa wilayah yang saat ini menjadi titik rawan banjir ketika musim hujan, kemudian penataan saluran air/drainase, pengelolaan sampah dan lemahnya sosialisasi peenyadaran lingkungan terhadap masyarakat. “Adapun yang menjadi masukan untuk pemerintah dalam rangka pengelolaan banjir, selain pengaturan drainase, perlu juga dilakukan rekayasa ekosistem yang berbasis kearifan lingkungan,”jelasnya.

Selain isu tersebut, menurut Drs.H.Ate Tachyan,  ada beberapa fasilitas pendidikan agama yang kurang memadai serta masih banyaknya warga yang belum memiliki listrik dan rumah yang kurang layak huni, menjadi catatan bagi pihaknya yang perlu disikapi.

Sedangkan Dede,S.IP sebagai perwakilan anggota DPRD Kota Tasikmalaya dari Dapil 3 (Tamansari, Purbaratu dan Cibeureum) menyampaian, bahwa yang menjadi aspirasi masyarakat di wilayah tersebut adalah pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang lebih lebih ditingkatkan lagi seperti halnya jalan, sungai, jembatan, penerangan jalan umum (PJU), tempat ibadan beserta perlengkapannya serta lainnya. “Demikian pula kaitannya dengan pengawasan dan program pelayanan pemerintah seperti BPJS, PKH, BT, Raskin/Rastra dan program lainnya, agar lebih tepat sasaran dan memberikan hasil/manfaat yang lebih maksimal lagi.”katanya.

Selanjutnya anggota DPRD Kota Tasikmalaya Isep Rislia,SP perwakilan dari Dapil 4 (Mangkubumi dan Kawalu) ini  mendapat banyak masukan dari masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan ekonomi. Dalam hal ini, masyarakat membutuhkan adanya perkembangan dan kemajuan di segala bidang demi kehidupan masyarakat ke depan yang lebih baik lagi, seiring dengan kemajuan pembangunan Kota Tasikmalaya. “Hasil reses kami di Dapil 4 sudah tertuang pada laporan ini,”katanya.

Pada rapat paripurna ini selain mendengar laporan hasil reses anggota dewan dari tiap Dapil, menurut Drs.H.Oslan Khaerul Falah,M.Si, juga Walikota Tasikmalaya menyampaikan   nota keuangan dan Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018,pungkasnya. (HUMAS SEKRETARIAT DPRD KOTA TASIKMALAYA/ ADVERTORIAL)****

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.