Panitia Pilkades Desa Parit Kabumen Laksanakan Penetapan Nomor Urut Calkades serta Pemaparan Visi dan Misi

Rupat, LINTAS PENA

Panitia Pilkades Desa Parit Kebumen  di Kecamatan Rupat   Kab Bengkalis melaksanakan penetapan nomor urut serta penyampaian visi dan misi calon kepala desa bertempat di Gedung Serbaguna Sangkarta Parit Kebumen pada hari Kamis (27/9/2018). Acara ini dihadiri pengurus BPD, LPMD, Lembaga Adat Melayu (LAM), perangkat pemdes, kepala dusun, Ketua RW dan RT, FKFM, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Dalam kata sambutannya, Pj Kepala Desa Parit Kebumen Agapri yang juga Kasie PMD Kec.Rupat mengucapkan terima kasih atas kinerja Panitia Pilkades, mulai dari pendaftaran bakal calon kades, penjaringan bakal calon kades, penetapan nomor urut hingga pemaparan visi misinya. “Kami juga berharap kepada kedua calon agar tidak menebarkan isu SARA  saat  kampanye Pilkades “ungkapnya.

Agapri menambahkan, bahwa    Pilkades Serentak ini merupakan program pemerintah. Pada tahun 2018, Kab Bengkalis akan mengadakan Pilkades Serentak sebanyak 23 desa,   termasuk desa kebumen. “Untuk itu kami mengharapkan agar tidak terjadi sesuatu hal yang dapat mencoreng nama baik desa kita ,”katanya.

Ketua Panitia Pilkades Kebumen M.Amin , S.Pi menegaskan kepada kedua peserta calon kepala desa agar tidak melibatkan perangkat desa baik dusun RT,RW, para Kaur pada kegiatan kompanye dan  agar perangkat desa tidak dilibatkan sebagai tim sukses.Karena dapat membawa efek kepada pelayanan publik khususnya bagi masyarakat Desa Kebumen itu sendiri, tuturnya.

Selanjutnya, panitia Pilkades yang dipimpin M.Amin ,S.Pi  meminta kepada kedua calon kepala desa mencabut nomor urut peserta. Hasilnya yakni    M.H Khaidir memperoleh nomor urut 1 dan Sabarudin ,S.Ag  memperoleh nomor urut 2. Selain itu juga, para calon  kades yang telah memiliki nomor urut memaparkan visi dan misi masing masing  serta menandatangani Deklarasi Kampanye Pilkades Damai.

            M.H Khaidir ketika membaca visi dan misinya mengungkapkan akan menjalankan roda pemerintahan desa lebih baik lagi, termasuk program posyandu, lansia dan lainnya. “Kai akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat apabila nanti terpilih sebagai Kepala Desa Parit Kebumen,”jelasnya.

Sabarudin,S.Ag mengungkapkan, bahwa visi dan misi bukan sekedar untuk dibaca, namun akan dibuktikan, baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat, juga kegiatan pembangunan di Desa Parit Kebumen jika nanti terpilih sebagai kepala desa,”katanya.

Pada kesempatan itu, Iman Haji Marno mantan Kepala Desa Parit Kebumen yang pertama juga tokoh  pemekaran desa sebelumnya, dia turut berpartisipasi demi kelancaran Pilkades Serentak 2018, dengan menyumbang dana Rp.500 .000  untuk panitia Pilkades demi mensukseskan Pilkades. Dengan semangat yang memberikan kesan atas kepedulian ya terhadap desa yang pernah diperjuangkan untuk pemekaran dari Desa Telok Lecah yakni desa induk.

Ketua panitia Pilkades Desa Kebumen juga menjelaskan bahwa biaya Pilkades ditanggung oleh pihak panitia yang bersumber APBDes. “Kami    mengucapkan ribuan terima kasih kepada bapak Imam Haji Marno   atas partisipasi tersebut,”katanya

Sedangkan Bhabinkamtibmas Bripka Indrasyah B  berharap kepada kedua perserta calon agar tidak menebarkan isu sara ketika kampanye Pilkades damai bahkan agar tidak menggunakan tempat ibadah sebagai tempat mempengaruh masa pendukung. “Kami  berharap agar kepada kedua calon supaya dapat membedakan di mana politik juga di mana tempat kampanye. Jangan sekali-kali menggunakan tempat ibadah sebagai  alat mendapatkan dukungan suara.   Selain itu  ,  para tim sukses calon Kepala Desa Parit Kebumen agar tidak mengserkan berita yang tidak benar-benar,   apalagi mengirimkan berita bohong ( hoax ) di media sosial itu. Karena  ada pidananya bagi penyebar berita hoax,” tegasnya.

“Desa Parit Kebumen salah satu desa yang terbaik di Kab Bengkalis nomor 1 dan nomor 2 di tingkat provinsi Riau,” ungkap M.Bangun, Babinsa Desa Parit Kebumen kepada masyarakat   untuk menilai kedua calon terbaik ini tentukanlah pilihan yang terbaik. Kepada para perserta calon agar tidak menjadi sesuatu hal yang berdampak buruk apabila salah satu calon kepala desa belum terpilih. “pungkasnya.(ALAN JERI FANUS)***

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.