by

KIM Kab.Bantul Belajar KIM di Kota Tasikmalaya

Tasikmalaya, LINTAS PENA 

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bantul belajar KIM di Kota Tasikmalaya khususnya KIM yang berada di Kelurahan Sukamanah Kecamatan Cipedes, rombongan diterima langsung Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya di aula kantor Kelurahan Sukamanah, Kamis, 19 September 2018.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya Drs. H. Asep Maman Permana, M. Si menyambut baik kunjungan KIM Kabupaten Bantul sebagai ajang silaturahmi serta sharing informasi khususnya mengenai kegiatan KIM. ia menjelaskan bahwa KIM di Kota Tasikmalaya dibentuk pada tahun 2013, sebanyak 69 kelompok dengan 690 anggota, ditambah partisipan KIM di tiap Kelurahan.

Kadis Kominfo mengakui, bahwa keberadaan KIM sangat membantu Dinas Kominfo dalam penyebarluasan informasi dari pemerintah kepada masyarakat, begitupun sebaliknya KIM menjadi saluran informasi dari masyarakat kepada pemerintah.“Tanpa KIM Diskominfo tidak ada apa-apa dikarenakan KIM adalah akumulasi dari partisipasi masyarakat sehingga program-program pemkot bisa tersampaikan juga sebaliknya informasi dari masyarakat tersampaikan ke pemerintah,” Katanya.

“Kami akan terus membenahi KIM terutama tugas dan fungsi kewenangannya agar tidak tumpang tindih dengan lembaga kemasyarakatan yang lainnya lewat regulasi yang jelas.” lanjut Drs. H Asep MP. M.Si.

Sementara, Sekertaris Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Partini, S. Pd,  MA. dalam sambutannya menjelaskan bahwa KIM di Kabupaten Bantul baru dibentuk tahun 2017 sehingga harus banyak belajar khususnya KIM di Kota Tasikmalaya. KIM di Kabupaten Bantul terbentuk pada tahun 2017 dengan jumlah baru berjumlah 22 kelompok dan itupun, baru ditingkat kedusunan sedangkan untuk jumlah desa sebanyak 75 desa dari 17 kecamatan.

Dalam kunjungan tersebut dilaksanakan tanya jawab mengenai KIM diantaranya sejarah lahirnya KIM di masing masing daerah,AD ART, dan kegiatan KIM lainnya dimana Ketua KIM Kabupaten Bantul Viyono mengatakan sejarah lahirnya KIM di Bantul adalah terinspirasi KELOMPECAPIR, sedangkan untuk AD ART forum KIM di Kabupaten Bantul belum terbentuk. sementara Ketua KIM Kelurahan Sukamanah yang juga ketua KIM Kota Tasikmalaya Deni Sonjaya mengatakan AD ART forum KIM Kota Tasikmalaya sudah terbentuk, khusus untuk KIM Kelurahan Sukamanah selain mencari, mengolah dan memberikan informasi dengan data valid juga memberikan pendampingan terhadap UKM khususnya di Kelurahan Sukamanah dalam pemasaran melalui link informasi atau mengiklankan produk UKM lewat forum KIM Nusantara.(KOMINFO)****

Comment

News Feed