Semarak Milangkala Nu Kaopat Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Kota Tasik, LINTAS PENA

Pada hari Jum’at 19 Oktober 2018, Universitas Perjuangan  (UNPER) Tasikmalaya kini berusia 4 Tahun dan keluarga besar perguruan tinggi swasta pun menggelar syukuran Milangkala Unper nu Kaopat .Pada acara seremonial milangkala Unper tersebut , tampak hadir pembina Yayasan Universitas Siliwangi Letjen Purn (TNI) H.Nu’man Soemantri ,anggota pengurus yayasan H.Asep Hidayat SH.MH. Rektor Unper Prof.Dr.H.Yus Darusman M.Si, Wakil Rektor Prof.Dr.H.Dedi Heryadi Drs.M.Pd.para Dekan, para Ketua Prodi, para dosen dan tamu undangan dari perwakilan TNI,  Polri, Dinas Pendidikan dan lainnya. Hal itu diungkapkan  Humas UNPER Tasikmalaya Depy Muhamad Fauzy .MM. kepada LINTAS PENA di sela sela acara tersebut.

“Adapun acara digelar dari tanggal 19-21 Oktober 2018 dengan susunn acara antara lain pagelaran wayang golek dengan dalang Deden Kurnia Sunandar,Orasi Budaya  yang akan disampaikan oleh Acep Zam Zam Noor dan Sarabunis Mubarok dengan thema “Kearifan lokal sebagai Pendidikan Budaya yang Membangun Karakter Manusia sekaligus Pemersatu Bangsa”, lomba gobang sodor,tarik tamvang, bakiak,ketapel,lomba liwet yang di ikuti oleh perwakilan prodi tuturnya.

Sementara itu, Rektor Unper Tasikmalaya Prof.Dr.H.Yus Darusman M.Si mengatakan dalam kata sambutannya  UNPER Tasikmalaya  berdiri atas dasar keinginan bersama yang didukung oleh Yayasan Universitas Siliwangi sebagai badan penyelenggara, di setujui oleh pemerintah melalui keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor.603/E/0/2014,tanggal 17 Oktober 2014.Pada saat berdiri , UNPER  sudah terakreditasi oleh Mendikbud.Pada akhir tahun 2018, semua program studi diharapkan sudah terakreditasi BAN-PT.Sehingga sebelum mahasisw menyelesaikan studinya semua prodi sudah terakreditasi BAN-PT. “Alhamdulillah sekarang 5 prodi sudah turut akreditasinya.3 prodi menunggu visitas,dan 1 prodi masih dalam pembina antara LAMPTKes dan 1 prodi masih menunggu kekurangan 1 dosen,” jelasnya.

Adapun jumlah mahasiswa setiap tahunnya meningkat rata-rata 120% mulai tahun 2015 sebanyak 600 orang, kemudian tahun 2016 menjadi 1400, tahun 2017 menjadi 2400 dan sekarang sebanyak 3500 orang, dan tahun 2019 diperkirakan 5000 orang.

Untuk.mahasiswa yang memperoleh beasiswa bidikmisi sebanyak 12 orang dengan kisaran Rp. 12.600.000 per orang per tahun selama 4 tahun,  beasiswa PPA sebanyak 38 orang dengan besaran Rp.4.800.000 per orang per tahun selama 1 tahun. Selanjutnya untuk.mahasiswa prestasi mahasiswa   pada even silat Kejuaraan Internasional paku bumi memperoleh emas sebanyak 9 buah, tahun 2017 sebanyak 3 emas dan 2018 sebanyak 6 emas, Sementara di PORDA hanya menyumbangkan 1 perak untuk.mahasiswa, kejuaraan silat kontingen dari Kabupaten Tasikmalaya. Sepakbola  juara 3 nasional  dalam kegiatan IKOPIN Koperasi Cup  di Bandung. UNPER  Tasikmalaya pun ikuti serta dalam program PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air) Ristek Dikti di Universitas PGRI Madiun selama 1 semester sebanyak 4 orang dari program studi PGSD. “Bagi kami ada yang membanggakan mahasiswa HIMAGRO (Himpunan Mahasiswa Agronomi) terpilih menjadi penyelenggara Rakornas dan seminar Nasional yang akan digelar di UNPER Tasikmalaya pada tanggal 21 sampai 25 Novemver 2018 mendatang. “paparnya.

Rektor menambahkan, bahwa   jumlah tenaga pengajar UNPER kini  sebanyak 133 orang dengan dosen tetap 55% yaitu 69 orang yang meliputi dosen NIDN dan NIDK.Untuk dosen yang sudah memiliki sertifikasi profesi (serdos) sebanyak 19 orang, untuk dosen yang sedang studi lanjut (S3) sebanyak 6 orang, dosen yang memperoleh dan hibah penelitian dari Kementerian Ristek Dikti sebanyak 6 orang dengan nilai sebesar Rp. 119.730.000. “Alhamdulillah Unper akan mwnerima bantuan laboratorium farmasi sebesar Rp.500.000.000 dari kelembagaan Ristekdikti  insyaa alloh Pada akhir bulan Oktober 2018 ini,” jelasnya.

Mudah mudahan di bulan September 2019 nanti, semua program studi terakreditasi minimal B.Insyaa alloh setelah ada lulusan dan wisuda pertama  sekitar bulan Mei 2019.dan yang menjadi target kami tahun 2019 semua program studi dan institusi terakreditasi minimal B.

Milangkala UNPER  Tasikmalaya nu kaopat tahun 2018 ini memiliki tema yaitu ” ngaruat jeung ngarumat Universitas pikeun ajeg nangtung keur mela nusa katut nagara” Ngaruat memiliki arti sedekah atau pengorbanan untuk membuang sial atau halangan/rintangan yang menghambat perkemvangan dan ngarumat mengurus juga memelihara  tetap berdiri untuk membea nusa dan bangsa. Oleh karena itu melalui milangkala UNPER  yang ke empat  ini, mari kita pelihara dan kita kembamgkan UNPER Tasikmalaya agar berdiri kokoh menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di Jawa Barat. Kita gali kearifan lokal sunda dan kita gunakan untuk menjadi sumber keyakinan dalam membentuk keperibadian urang sunda yang maju.yang memiliki semangat dan daya juang yang tinggi.untuk menciptakan kesejajteraan dan.kearifan bagi masyarakat Indonesia  merdeka dan.masyarakat global. Dengan cara ini urang Sunda tetap ada,tidak akan hilang di telan zaman modern di kemudian hqri nanti.dengan ciri memiliki semangat juang yang tinggi dan berkarakter: Cageur, bageur,bener ,pinter,singer,jujur ,sinatria,teuneung, gumati kanu leutik,nyaah ka rakyat dan wibawa ka sasama. tuturnya .seraya membacakan pantun:

Meuli tahu reujeung kupat

NU nguseup teu make jujur

Milangkala nu kaopat

Unper singer beuki nanjeur

Meuli tahu reujeung kupat

Angana gandapeun dangdeur

Milangkala nu kaopat

Mahasiswana beuki balageu.

(ADE BACHTIAR ALIEF)****

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.