Menteri Sosial Bakal Kunjungi Lokasi Bencana di Tasikmalaya Selatan

Kab.Tasik, LINTAS PENA

Pada hari Jum’at (9/11/2018) Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dipastikan bakal mengunjungi lokasi bencana alam banjir bandang dan longsor yang terjadi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya bagian seletan, terutama di tiga kecamatan yakni Cipatujah, Karangnunggal dan Culemega.

Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Repubik Indonesia Hartono Laras menyampaikan surat ke Gubernur Jawa Barat No.28828/1/KS.03/11/2018 tertnggal 7 November 2018.” Menteri Sosial dan rombongan akan berangkat dari Bandara Internasional halim Perdana Kusumah Jakarta menuju Tasikmalaya pada tanggal 9 November 2018 pukul 10.35 WIB,”jelasnya

Hartono Laras menjelaskan, setelah melaksanakan shalat Jum’at, Mensos beserta rombongan akan segera menuju lokasi bencana banjir bandang dan longsor di Kec.Cipatujah Kab.Tasikmalaya, untuk meninjau langsung situasi dan kondisi di lokasi bencana. “Pak Menteri menuju lokasi penyerahan santunan ahli waris bagi korban bencana banjir dan longsor serta penyaluran program keluarga harapan (PKH),” katanya.

Sehari sebelumnya, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita telah menginstruksikan adanya percepatan pemenuhan kebutuhan dasar bagi pengungsi korban banjir bandang di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. “Upaya yang dilakukan di antaranya berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Cianjur. Tim gabungan ini turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan kaji cepat kebutuhan dasar pengungsi, mendirikan dapur umum dan juga layanan dukungan psikososial,” katanya di Jakarta, Kamis.
Agus mengatakan untuk membantu Tagana Tasikmalaya dan Cianjur, sejumlah personil Tagana dari Provinsi Jawa Barat juga dikerahkan sekaligus untuk membantu distribusi bantuan logistik.
Untuk tahap awal, Kementerian Sosial telah menyalurkan logistik tanggap darurat (bufferstock) berupa peralatan evakuasi, paket keluarga dan permakanan dari Gudang Pusat di Bekasi ke Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.
Bantuan logistik penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya berupa beras 2.000 kg, tenda serbaguna keluarga 5 unit, tenda gulung 650 lembar, velbed 325 unit, kasur 300 unit, paket sandang 40 paket, selimut 20 lembar, family kit 250 paket, kids ware 250 paket, food ware 150 paket, makanan anak 350 paket, mi cepat saji 6.000 bungkus dan matras gulung 100 lembar. Total bantuan logistik penanggulangan bencana untuk Kabupaten Tasikmalaya adalah Rp.853.855.750. (REDI MULYADI/ADE BACHTIAR ALIEF)****

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *