by

Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas “Bersama Membangun Generasi”

-Umum-715 views

 

Kota Tasik, LINTAS PENA

Sekolah Tahfidz Al-Qur’an   Abdullah Bin Abbas merupakan sebuah yayasan yang didirikan oleh Ustadz Sodik Muttaqin sejak Juli 2016. Lokasi yayasan Rumah Qur’an Abdullah bin Abbas tepatnya di Perumahan Bumi Citra Saguling Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.

Sekolah Tahfidz Al-Qur’an Abdullah Bin Abbas yang didirikan oleh Ustadz Sodik Muttaqin berawal dari keinginan Ustadz Sodik untuk menerapkan akhlak yang sesuai dengan ajaran agama Islam yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan dimulai diterapkan pada anak usia dini hingga dewasa. Ustadz Sodik sendiri mengawali dengan menerapkan kepada putra putrinya, dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, sehingga masyarakat mulai menitipkan anak mereka kepada Ustadz Sodik.

Dengan tanggapan masyarakat dan perangkat RT/RW yang positif terhadap Ustadz Sodik dan keluarga, maka Ustadz Sodik mendirikan Yayasan Rumah Qura’n Abdullah Bin Abbas. “Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas Sudah terdaftar dengan SK Menteri Hukum dan HAM dengan nomor : AHU-0012212.AH.01.04 Tahun 2017, sehingga dari segi legalitas yayasan ini sudah sangat kuat”, jelas Ustadz Sodik

Saat ini Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas membuka 3 kelas yaitu Sekolah Tahfidz Usia Dini (STUDI) yang dilaksanakan dari  Senin hingga Kamis  pagi hari dengan jumlah siswa saat ini 20 murid, Holaqoh Tahfidz Iqra yang dilaksanakan hari Senin hingga Jum’at sore hari, dan Holaqoh Tahfidz Al-Qur’an Kibar yang dilaksanakan setiap hari kecuali malam Jum’at dan malam Senin yang dilaksanakan malam hari setelah Maghrib.

Untuk kurikulum sendiri, menurut Ustadz Sodik  menyusun kurikulum sendiri dengan berlandaskan hasil studi dari sekolah tahfidz yang lain yang sudah berkembang baik yang berada di Tasikmalaya maupun yang berada di kota lainnya. Untuk operasiobal sendiri Ustadz Sodik mengatakan bahwa Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas berasal dari swadaya orang tua murid yang senantiasa membantu Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas. “Untuk tenaga pengajar sendiri untuk kelas pagi ada 4 orang, sore hari 3 orang dan untuk malam hari 4 orang itu pun sudah termasuk saya dan Istri, “ungkapnya”

Untuk visi Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas yaitu, mewujudkan Sekolah Tahfidz Al-Qur’an    Abdullah bin Abbas sebagai lembaga pendidikan Islam yang  menyiapkan generasi Islam yg unggul dan berkwalitas. Sedangkan misi dari Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas yaitu, menyelenggarakan pendidikan yang kembali mencontohkan pola Tarbiyah pada generasi pertama Islam. Menjadikan Tahfidzul Qur’an sebagai sentra utama dalam pendidikan. Meletakkan dasar dasar pendidikan secara profesional antara individu, keluarga dan masyarakat.

Ustadz Sodik berharap dengan adanya Yayasan Rumah Qur’an Abdullah Bin Abbas bisa meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya murid dan orang tua murid bahwa belajar dan mengamalkan Al-Qur’an sangatlah penting dan merupakan suatu kebutuhan, serta dengan belajar Al-Qur’an jangan dijadikan sebagai ajang untuk pamer kepada orang lain.(LUKMAN NUGRAHA)***

Comment

News Feed