Andi Lala Mohamad Afandi S.IP : “Desa Sukaraja Rajapolah Kini Miliki Kampung Literasi dan Inklusi Keuangan”

Kab.Tasik,LINTAS PENA

Kampung Kreatif Sukaruas yang berada di Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah  yang terkenal dengan hasil kerajinan yang luas wilayahnya 220 hekta,r jumlah penduduk kurang lebih 6.443 jiwa dan hampir 80 persen berada pencaharian sebagai pengrajin Hal itu dijelaskan   Kepala Desa Sukaraja Andi Lala Mohamad Afandi S.IP kepala LINTAS PENA.

Pada hari Senin (3/12/ 2018)  kedatangan dari rombongan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga dari pemerintah kabupaten Tasikmakaya yang akan meresmikan Kampung Literasi dan Inklusi Keuangan.Pada acara peresmian tersebut tampak hadir Kepala   OJK Tasikmalaya Asep Ruswandi , Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Safari Agustin MP,Asisten Daerah Bidang Perkonomian dan Pembangunan Drs. H.Kundang Sodikin M.Si, Camat Rajapolah dan tamu undangan lainnya.

Dalam kata sambutannya, Kepala OJK Tasikmalaya Asep Ruswandi mengatakan, berdasarkan data Otoritas Jasa Jeuanfan (OJK) bahwa indeks literasi keuangan tahun 2016 adalah 29.7% Sedangkan indeks literasi produk dan Jasa keuangan atau indeks inklusi keuangan sebesar 75%. Pada tahun 2019 ditargetkan menjadi indeks literasi keuangan sebesar 35 % tuturnya.

Sebagai upaya untuk meningkatkan akses keuangan bertujuan agar semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan produk dalam layanan Jasa Keuangan  yang di dukung dengan lembaga jasa keuangan dalam forum Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Tasikmalaya.yang memiliki beberapa program kerja diantaranya pembentukan Kampung literasi dan inklusi keuangan pada salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs.H.Kundang Sodikin M.Si, menjelaskan bahwa tujuan dari TPAKD Kabupaten Tasikmalaya adalah supaya masyarakat mengenal lebih dekat lembaga jasa keuangan, juga dapat meningkatkan akses keuangan masyarakat terhadap lembaga, produk dan layanan jasa keuangan sesuai  kebutuhan dan kemampuan masyarakat serta lebih jauhnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat ,jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukaraja Andi Lala Mohamad Afandi S.IP. mengungkapkan, “Kami atas nama masyarakat Desa Sukaraja mengucapkan terima kasih kepada Otoritas Jasa Jeuangan Tasikmalaya yang telah memberikan bantuannya,  juga kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya atas kepercayaannya kepada Desa Sukaraja yang menjadi Kampung Literasi dan Inklusi Keuangan. Semoga dengan adanya program ini masyarakat desa kami lebih teredukasi dalam mengolah keuangan, dekat dengan akses lembaga keuangan dalam memajukan usahanya.” pungkas kepala desa yang dekat dengan warganya ini. (ADE BACHTIAR ALIEF)***

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *