Budiaman Sanusi,S.Sos Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya : “Insya Alloh, Saya Akan Jalankan Amanah Jabatan Sebaik Mungkin”

Kota Tasik, LINTAS PENA

Pada hari rabu 5 Desember 2018 Yang bertempat du aula Bale Kota Tasikmalaya telah dilaksanakan pengambilan sumpah pejabat impinan tinggi pratama, pejabat administrator serta pengambilan sumpah 29 kepala sekolah di lingkungan Pemerintahan Kota Tasikmalaya Pada acara tersebut tampak hadir Wakil Walikota Drs.H.M.Yusuf, Sekretaris Daerah Drs.H.Ivan Dicksan Hasannudin M.Si,.unsure forum komunikasi pimpinan daerah,Kapolres Tasikmalaya kota,Ketua Darma Wanita Persatuan serta perwakilan tokoh agama dan tamu undangan lainnya.

Salah satu diantara pejabat tinggi pratama yang dilantik Walikota Tasikmalaya diantaranya adalah Budiman Sanusi,S.Sos  menduduki jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, yang merupakan jabatan hasil seleksi open bidding yang beberapa bulan ke belakang telah di gelar untuk mengisi kekosongan di lima dinas   di lingkungan Pemkot Tasikmalaya.

Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman mengatakan bahwa jabatan harus dimaknai sebagai sebuah amanah yang akan dipertanggung jawabkan. Dalam sambutan lengkapnya Walikota Tasikmalaya menjelaskan pula bahwa “Adapun pelantikan dan pengambilan Sumpah ini dimaksudkan untuk mengisi kosongan jabatan dalam kerangka mutasi/rotasi dan promosi  dengan harapan akan mampu meningkatkan kinerja organisasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”ujarnya.

Dari data kepegawaian didapatkan bahwa dari kekosongan Pimpinan Tertinggi Pratama pada jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang diisi oleh Drs. H. Adang Mulyana, MM., pada jabatan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ditempati Hanafi, SH., MH., kemudian Budiaman Sanusi, S.Sos. menempati jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Ir. Abu Mansyur, M.Si menempati posisi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, serta H. Andi Abdullah N., SH., M.Si. menempati jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Seusai pelantikan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Budiaman Sanusi,S.Sos ketika dimintai komentarnya, dia mengutip amanat Walikota, bahwa jabatan harus dimaknai sebagai sebuah amanah yang akan dipertanggung jawabkan. “Insya Alloh, saya akan menjalankan amanah jabatan ini sebaik mungkin, terutama dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Tasikmalaya,”ungkapnya.

Hal itu cukup beralasan, karena Budiaman Sanusi,S.Sos sudah cukup lama mengenal dunia pendidikan, terutama saat menjabat Sekretaris Dinas sehingga dunia pendidikan sudah tidak asing lagi bagi dirinya.”Mohon do’a saja, semoga saya dapat menjalankan amanah ini dengan baik sebagaimana yang diharapkan,”ujarnya.

Siapakah Budiman Sanusi,S.Sos ? Jika melihat perjalanan kariernya memang sudah layak menjabat kepala dinas, termasuk Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya yang kini diembannya. Sebab, dia adalah lulusan STPDN tahun 1992, kemudian Wamil di Kodam Bukit Barisan. Setelah itu, Budiaman Sanusi  tahun 1994  tugas di Tasikmalaya mulai dari staf Bagian UP Setda Kabupaten Tasikmalaya, kemudian tahun 1995 jadi MP di Salawu, kemudian tahun 1996-1998 tugas belajar di Undip, selanjutnya tahun 1998 menjabat Sekmat Cikalong dan tahun 2000 Sekmat Singaparna, lantas ke Kelurahan Yudanagara, pindah ke Bawasda/Inspektorat, BAPPEDA Kasubag Anggaran, dipindahtugaskan jadi Camat Purbaratu, Sekretaris BAPPEDA, kepala Kantor Kesbang, Sekretaris Dinas Pendidikan, kemudian Sekban BPKAD dan terakhir kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

Perjalanan karier pria kelahiran Garut 5 Juni 1970 ini, tentu saja mendapat dukungan penuh dari keluarganya, terutama istri tercintanya Iis Siti Ruyati yang selalu aktif di  Tim Penggerak PKK Kota Tasikmalaya dan anggota Bidang Pendidikan di Dharma Wanita Persatuan. Juga dukungan dari putra putrinya M.Azka Sanusi dan Atsila Audita Sanusi.(ADE BAHTIAR ALIEF)***

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *