Drs.Farid Ma’ruf,MM Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Kwarcab 1101 Cilacap

Cilacap, NUANSA POST

Sekretaris Daerah Cilacap, Drs Farid Ma’ruf MM terpilih menjadi Ketua Kwartir Cabang 1101 Gerakan Pramuka Cilacap masa bakti 2018-2023. Pemilihan dilaksanakan pada Musyawarah Cabang Pramuka XIV Tahun 2018, di ruang rapat lantai I DPRD Cilacap, Sabtu (15/12) kemarin.

Farid terpilih secara aklamasi, menggantikan Sutardjo, yang menjadi Ketua Kwacab 1101 Gerakan Pramuka Cilacap masa bakti 2013-2018. Pengukuhan langsung dilakukan oleh Ketua Presidium Muscab sekaligus Ketua Panitia Muscab, Sumaryo.

Ketua Kwarcab 1101 Gerakan Pramuka Cilacap terpilih, Farid Maruf mengatakan, dalam waktu dekat akan segera membentuk kepengurusan Kwarcab Pramuka 1101 Cilacap periode 2018-2023. Setelah Kepengurusan terbentuk kemudian akan segera merumuskan program-program yang bakal dilaksanakan selama 5 tahun kedepan.

Menurut Farid, program kedepan, prioritas utama adalah pembangunan sanggar Pramuka.  Seperti diketahui saat ini sanggar Pramuka menempati tanah milik PT KAI. Nantinya Sanggar akan pindah ke Jalan Kalimantan dan sudah dianggarkan. Namun pelaksanaannya masih menunggu Perda RTRW. Karena saat ini daerah tersebut, merupakan kawasan sabuk hijau, sehingga belum bisa dilaksanakan, ujar Farid.

Perda RTRW, lanjut Farid, ditargetkan selesai pada awal tahun 2019, sehingga 2020 bisa dilaksanakan pengurugan tanah, dilanjutkan dengan pembangunan. Bangunan Sanggar Pramuka nantinya diharapkan lebih representatif, sehingga bisa menambah semangat dan motivasi para pengurus dan anggota pramuka di Cilacap.

Ketua Kwarcab 1101 Cilacap Periode 2013-2018, Sutardjo, menyampaikan terimaksih kepada masyarakat atas dukungan yang sudah diberikan selama lima tahun, sekaligus memohon maaf apabila selama kepengurusan masih ada amanat yang belum dilaksanakan.­

“Mudah-mudahan  pengurus yang baru bisa menutupi kekurangan itu. Pengurus sudah berupaya semakisimal mungkin untuk membangun kepramukan di Cilacap yang sebelumnya agak loyo, dan saat kini menjadi tergiat ketiga se Jawa Tengah, ujar Sutarjo.

Semangat ini, lanjut Sutarjo harus terus dikobarkan kepada pengurus baru, sehingga pembinaan kepramukaan di Cilacap akan terus semangat, khususnya dalam menghadapi era globalisasi. Sekarang ini kita dihadapkan pada generasi milienial dan generasi freformasi, untuk itu menurut Sutarjo, Pramuka harus berperan dan mewadahi dua generasi ini dalam gerakan pramuka, sehingga mampu bersama-sama menghadapi tantangan kedepan.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Cilacap menyampaikan, terimakasih atas pengabdian Sutardjo yang selama ini yang aktif dalam gerakan pramuka. Meskipun sudah tidak menjadi Ketua, Bupati mengharapkan agar terus aktif dalam mengembangkan gerakan pramuka di Cilacap.Kepada Pengurus terpilih yang baru, Bupati berpesan, untuk bisa bekerja secara iklhas, jujur, dalam mengabadikan diri untuk kemajuan gerakan pramuka.

Bupati mengatakan, Pramuka merupakan organisasi yang luwes.  Oleh karena itu, Bupati mengajak generasi muda, untuk berpramuka. Dengan menjadi Pramuka, maka akan melatih aspek akseptabilitas, kapabilitas dan integritas. Bupati berharap para pejabat di Cilacap juga harus pernah aktif dalam Pramuka.(H.ARIYANTO S/RAMA PUTRA/HUMAS)***

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.