Upacara Saklar Nyangku di Panjalu Diwarnai Pemberian Penghargaan Tingkat Nasional Kepada Pemdes Panjalu

Ciamis, LINTAS PENA

Yayasan Borosngora Panjalu adakan upacara saklar “Nyangku tahun 2018” yang dilaksanakan pada hari Senin 3 desember 2018, bertempat di  Taman Borosngora Desa Panjalu   dihadiri Asda 1 Kabupaten Ciamis, Kepala Dinas Parawisata, Wakasdim 0613 Ciamis, Wakapolres Ciamis , perwakilandari Kerajaan Yogyakarta, Kerajaan Sumedang, Anggota DPRD Jawa Barat,  camat beserta unsur konsultasi, para SOPD, para kepala desa dan perangkat desa serta undangan yang lainnya.

Nyangku adalah suatu rangkaian prosesi adat penyucian benda-benda pusaka peninggalan prabu sanghiang borosngora dan para raja. Istilah nyangku berasal dari bahasa arab yanko yang berarti membersihkan. Karena kesalahan ucapan lidah orang sunda sehingga berubah menjadi nyangku. Nyangku ini sudah merupakan kebudayaan adat istiadat masyarakat panjalu yang berlangsung turun temurun sejak ratusan yang lalu. Nyangku juga dimaksudkan untuk mengenang jasa prabu sanghiang borosngora yang telah menyampaikan ajaran islam kepada rakyat dan keturunannya. Prosesi budaya nyangku di Panjalu kini dilaksanakan oleh Yayasan Borosngora yaitu sebuah yayasan yang dibentuk oleh turunan leluhur Panjalu salah satu kegiatannya adalah dalam rangka melestarikan warisan leluhur panjalu.

Pada waktu acara nyangku Kepala Desa Panjalu R. Haris Riswandi C. SE, menerima penghargaan desa terbaik se Indonesia katagori akselerasi percepatan pembangunan index desa membangun (IDM) yang diserahkan oleh Drs. H. Adang Darajat Asda 1 Kabupaten Ciamis mewakili Bupati Ciamis. (HUSEN)***

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.