Kementerian Pertanian Luncurkan Gerakan Pengentasan Kemiskinan Berbasis Pertanian di Desa Kiarajangkung

Kab.Tasik LINTAS PENA

Kemenetrian Pertanian meluncurkan gebragan baru untuk mengentaskan kemiskinan Berbasis Pertanian.Gerakan ini ditargetkan dapat mengentaskan kemiskinan sebesar satu digit dari posisi saat ini,paparnya.Sesuai target nasional untuk menurunkan dibawah 10 persen pada 2018.

Menteri pertanian Andi Arman Sulaiman dalam pidatonya menegaskan, Program pengentasan kemiskinan berbasis pertanian tersebut dapat menjadi solusi permanen, dan jangka panjang.”Untuk jangka pendek imbuh dia, tanaman sayuran dan holtikultura bisa menjadi solusi karena tiga bulan sudah bisa dipanen.Untuk jangka menengah kita berikan ayam dan kambing, karena ayam dalam enam bulan sudah bisa bertelur. Sementara untuk jangka panjang,tanaman keras seperti mangga, Durian, Salak dan lain sebagainya,” paparnya pada acara yang di gelar di lapang Desa Kiarajangkung, kecamatan Sukahening   pada 11 Januari 2019.

Kepala Desa Kiarajangkung Asep Wawan S.Sos menambahkan, “Alhamdulilah kali ini program program tersebut menyasar RTM (rumah tangga miskin) di Desa desa yang berada di wilayah kecamatan Sukahening, dengan semangat bantuan produktif sektor pertanian memberikan langsung komoditas ayam untuk dipelihara, termasuk pakan,sarana,obat dan vitamin ternak. Program penanggulangan kemiskinan kementrian ini, tentunya telah memberikan kontribusi positif terhadap program lain yang dijalankan pemerintah,mulai dari program berbasis bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, serta pemberdayaan usaha kecil di kementrian dan lembaga lainnya paparnya.

Asep Wawan S.Sos menambahkan , target setiap Rumah tangga menerima bantuan berupa 50 ekor ayam, dan kita buatkan kandangnya,juga kita masukan ayamnya, jadi mereka  ( RTM) terima jadi, tinggal pelihara saja ,ungkapnya. Serta ada biaya buat pakan selama 6 bulan sampai bisa produktif, dan untuk memastikan progran tersebut bisa tepat sasaran, Tim dari pertanian langsung turun kelapangan untuk penerapannya,progran tersebut bisa menjakau langsung kesasaran,berdasarkan nama dan alamat,” pungkasnya.( Johan Rohani)*

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.