Kebakaran Lahan Hutan di Pulau Rupat Sebabkan Polusi Udara

Rupat,LINTAS PENA 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, petugas Damkar, TNI dan Polri  dalam suasana peduli api karlahut di Pulau Rupat terkesan kesulitan untuk memadamkan api karlahut dimana musim kemarau, sehingga sempat didatangkan heli kopter pemadam kebakaran.Selain BPBD kabupaten Bengkalis, damkar, TNI dan polri petugas Puskesmas Rupat Batu Panjang ikutsertakan dalam suasana peduli api. Selasa ( 26/ 2/ 2019 ) kemaren.

“Selain itu juga tim Puskesmas Rupat Batu Panjang sebagai tenaga palang merah Indonesia (PMI) dalam tugas sosial, dalam hal siaga kesehatan pada pihak TNI /Polri baik dari Kostrad bata Lion Armed Roket 10 Brajamusti /2 /1 / Kostrad yang di pimpin komando pletno 3 dari Kostrad lednan  Wing // d// Brestagi bersama BPBD, Damkar serta pihak pemerintah Kelurahan Terkul wilayah Kecamatan Rupat. “Zaini ketua Forwa Rupat kepada LINTAS PENA Kamis 27/2/2019.

” Akibat karlahut, Rupat mengalami polusi yang di nilai cukup tinggi. Apalagi  di pagi hari jalan lintas raya Kelurahan Batu Panjang, Terkul pada pukul 8,00 pagi terlihat kabut tebal.”katanya

Selain itu juga pengguna jalan umum terlihat sepi. Anak-anak pelajara, sekolah SDN 10 dan SMPN 3 pada tanggal 25/2/ 2019 kemarin di inturuksikan oleh kepala dinas pendidikan kabupaten Bengkalis ke korwil Rupat agar di liburkan untuk sementara akibat kabut asap yang dapat menggu kesehatan baik masyarakat keluhkan juga siswa sekolah “Sementara wilayah kita termasuk wilayah rawan kebakaran sekitar Rupat selatan tukas.  Zaini.

Selain itu juga dikabarkan ada berberapa kendala yang cukup berat, yakni peralatan yang ada kurang memadai. Di tambah sikon cuaca panas terik dan susah nya air akibat kemarau. kabar nya bahkan di kabarkan juga  pihak BPBD kabupaten provinsi Riau langsung mengirimkan peralatan yang dimiliki dari pekan baru Riau menggunakan helikopter.

Seperti yang terpantau LINTAS PENA, helikopter yang membawa peralatan take off   dari pekan baru sekitar pukul 09,30 wib, mendarat lebih kurang 10,55 WIB.

Kepala BPBD Kabupaten Bengkalis H.Jajul Mudarris melalui kepala bidang pencegahan kesiapan Siahaan menyebutkan,psawat  helikopter tersebut mendarat di lapangan sepakbola Sei Injab Kelurahan Terkul tepat nya pukul 10,55 WIB kabar tersebut di kutip melalui via Diskominfotij kab Bengkalis. (ALAN JERI FANUS)***

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.