Wabup Cilacap Kunjungi Kampung KB Cikuya di Desa Kamulyan

Cilacap, LINTAS PENA

Orang hidup itu harus mempunyai mimpi. Karena dengan mimpi berarti orang tersebut mempunyai cita-cita, untuk membangun daerahnya menjadi semakin sejahtera, khususnya dalam mensukseskan program keluarga Berencana.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman, ketika meninjau dan melakukan senam dan makan pagi bersama di Kampung KB Cikuya Berseri desa Kamulyan Kecamatan Bantarsari, Jumat (25/01).

Kegiatan tersebut, dihadiri Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Cilacap, Ira Syamsul Auliya Rachman dan jajaran pengurus, Camat Bantarsari dan forkompimcam Bantarsari, serta warga masyarakat desa Kamulyan.

Lebih lanjut Wabup juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Kamulyan dan seluruh warga masyarakat di Kampung KB Cikuya Berseri, yang telah melaksanakan program Kampung KB. Artinya setelah dicanangkan pada 2017 lalu, Kampung KB Cikuya terus berkembang dan maju, dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan, sehingga warga masyarakat kesejahteraannya semakin meningkat.

Dengan Kampung KB, menurut Wabup, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat desa semakin tumbuh dan berkembang, mulai dari lingkungan yang asri lengkap dengan berbagai tanaman yang indah dan tanaman obat. Sekaligus masyarakatnya juga diberdayakan melalui berbagai usaha, mulai dari membuka lapak dagangan hingga ternak kambing.

Menurut Ketua Kampung KB Cikuya Berseri, Turino, Kampung KB Cikuya, sejak lahir pada 21 Agustus 2017, mempunyai mimpi besar untuk mewujudkan Cikuya yang sejahtera dan Berseri (Bersih, Indah, sehat dan rapi).

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Kampung KB Cikuya antara lain, pelayanan KB MKJP. Dari periode Agustus 2017 hingga Desember 2018, warga Cikuya yang tercatat sebagai akseptor KB aktif mencapai 306 akseptor atau sebesar 67,40 persen. Jumlah tersebut dari Pasangan usia subur sebanyak 454 pasangan. Mereka menggunakan kontrasepsi MKJP sebanyak 122 akseptor atau sebesar 26, 87 persen. Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan berupa BKB, BKR, BKL, Posyandu Balita, Posyandu Lansia dan UPPKS.

Dibidang lingkungnan, Kampung KB Cikuya, melaksanakan pembuatan tanam di setiap RT. Kegiatan ini dilombakan setiap tahunnya. Dari kegiatan tersebut, tercipta taman ramah anak untuk menampung aktifitas anak-anak warga Cikuya.

Kegiatan lain dibidang ekonomi, Kampung KB Cikuya bekerja sama dengan pengusaha lokal membuat air bersih ulang, dan bekerjasama dengan kelompok Menda Mulya membangun perekonomian Cikuya dengan ternak kambing Etawa, dan produksi susu kambing etawa.

Sedang dibidang pendidikan, yang dipelopori oleh kaum muda, Kampung KB Cikuya dalam PIK Invomedia merintis perpustakaan Iqra yang dapat menjadi sumber bacaan anak-anak Cikuya. (H.ARIYANTO S./RAMA PUTRA/HUMAS)***

 

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.