113 Peserta Didik SMP dari 38 Sekolah di Kabupaten Sikka Ikut Lomba OSN

Maumere, LINTAS peNA

Sebanyak 113 peserta didik SMP dari 38 sekolah mengikuti lomba Olimpiade Sains Nasional ( OSN) tingkat kabupaten Sikka bertempat di SD Inpres Bertingkat Jalan Wairklau Maumere, Sabtu 16 Maret 2019.

PLT Kadis PKO Sikka Yosef Benyamin, SH pada pembukaan lomba mengajak para peserta lomba untuk berdoa sebelum mengikuti lomba. ” Kegiatan lomba hari ini tanpa campur tangan Tuhan adalah sia-sia belaka. Tuhan harus menjadi andalan dan kekuatan hidup rohani kita,” ujar Kadis Pol PP kabupaten Sikka ini.

Menurut Yosef, lomba olimpiade ini mau menguji kompetensi peserta didik bidang matematika dan IPA dan IPS . ” Saya tantang anda kalian untuk betul- betul mengikuti lomba dengan baik dan mampu lolos di tingkat regional dan nasional. Setelah anda didampingi guru pendamping  tunjukkan prestasimu. Jangan jago kandang saja,” tantang Yosef.

Dalam kepemimpinannya, urai Yosef akan memberikan stressing pada peningkatan profesionalisme guru dan kompetensi peserta didik. ” Selama ini Dinas PKO hanya urus rehab dan bangun gedung sekolah mengabaikan profesionalisme guru dan kompetensi peserta didik,” jelas Yosef.

Mantan Kabag Hukum Setda Sikka ini mengajak para pendidik untuk bergandeng tangan meningkatkan SDM Guru dan Siswa menjawabi tantangan zaman. ” Lima tahun ke depan kita harus betul- betul fokus pada SDM. Karena SDM adalah invest termahal yang mampu merubah wajah Sikka ke depan,”kata Yosef.

Kepada peserta Yosef berpesan agar bersaing secara sehat dan mengedepankan kejujuran.

” Ke depan kita butuh manusia berkarakter strategis dan bukan berkarakter operasional.”

Kasie Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Dinas PKO Sikka Stefaniana Lidi mengatakan OSN sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 lalu merupakan kegiatan lomba bidang matematika, IPA dan IPS yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan Wajib Belajar yang bermutu. ” OSN bertujuan untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang matematika, IPA dan IPS,” ungkap Fani.

Fani menjelaskan, peserta OSN tingkat kabupaten Sikka adalah siswa kelas 7 atau 8 dari 38 sekolah dengan total siswa sebanyak 113 siswa yang terdiri dari mapel matematika 38 siswa, IPA, 37 siswa dan Mapel IPS 38 siswa.**(Yuven Fernandez)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.