Bupati H.Ade Sugianto,S.IP Hadiri Pengukuhan dan Pelantikan Bunda PAUD Kecamatan Se-Kabupaten Tasikmalaya

Kab.Tasik, LINTAS PENA

Pada hari Senin (11/3/2019), Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto,S.IP menghadiri acara pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya bertempat di Pendopo Baru Singaparna. Pada kesempatan itu tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dadan Wardana,S.IP,MM, Kabid PNFI beserta stafnya, para camat dan para guru PAUD se-Kab.Tasikmalaya.

Dalam kata sambutannya, Bupati H.Ade Sugianto,S.IP mengatakan,bahwa sedemikian penting dasar dasar pengajaran terhadap anak usia dini sehubungan dengan hasil penelitian bahwa anak dari nol sampai lima tahun ini adalah sangat luar biasa golden eight nya yang paling kuat bahkan di usia empat tahun lima puluh persen kecerdasan sirkuit emosi terbangun pada anak usia empat tahun, termasuk pengandalan diri, karakter yang sesungguhnya sehingga pendidikan nol sampai dengan lima tahun ini menjadi sangat penting lima puluh persen saham kita terhadap anak anak kita di usia golden eight.

“Jadi,  wajar kalau upaya kita bersama agar pendidikan usia dini mendapatkan perhatian lebih. Saya juga berharap dengan pembentukan Bunda PAUD ini aksinya yang lebih terlihat dan dapat meningkatkan mutu dan kualitas daripada penyelenggaraan membuka kerja sama bagaimana nantinya bisa berkoordinasi baik agar sumber sumber untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tersebut dapat terlaksana di Kabupaten Tasikmalaya,”ujarnya.

Ade Sugianto juga mengatakan, bahwa Pemkab Tasikmalaya .akan menyiapkan anggaran untuk menopang keberadaan Pendidikan Usia Dini (PAUD) di wilayahnya.” Karena pendidikan usia dini ini sangat penting, maka perlu mendapat perhatian lebih. Kemudian bicara soal anggaran, nanti kami upayakan, kan banyak sumbernya, tidak dari APBD, ada APBN, ada Banrpov. Pokoknya kita akan bantu secara maksimal,” jelasnya.

Dalam hal peningkatan mutu dan kualitas dari penyelenggaraan PAUD, lanjut Bupati Tasikmalaya,    pihaknya akan lebih mendorong Bunda PAUD    di tingkat kabupaten bahkan kecamatan.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Tasikmalaya Hj.Ai Diantani Sugianto mengatakan beberapa permasalahan di PAUD yang harus menjadi perhatian bersama terutama, yakni, sarana prasarana yang belum memadai. Selain itu, permasalahan lainnya yaitu belum meratanya keberadaan PAUD, terutama di pelosok daerah dan perhatian kepada pengajar PAUD. “   Kendati demikian,   yang paling penting saat ini ialah mensosialisasikan bagaimana pentingnya PAUD   bagi semua lapisan masyarakat. Dengan adanya Bunda PAUD  ditingkat Kecamatan, akan mensosialisasikan tentang pentingnya  PAUD sebagai awal atau dasar pembentukan masa keemasan anak bisa maksimal. Saya berharap, sosialisasi PAUD sampai ketingkat desa dan pemerintahan paling bawah, “pungkasnya. (***)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.