Tari Persahabatan Nusantara Meriahkan Pembukaan Pesta Siaga Kwarcab 11.01 Cilacap Tahun 2019

Cilacap, LINTAS PNA

Sebanyak 180 anggota Pramuka Siaga dari SD dan MI Kwartir Ranting 11.01.04 Kesugihan tampil membawakan tarian kolosan “Tari Persahabatan Nusantara” pada Upacara Pembukaan Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang 11.01 Cilacap Tahun 2019. Acara ini berlangsung di lapangan Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan pada Sabtu (2/3).

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Cilacap selaku Wakil Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Syamsul Auliya Rachman, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.01 Cilacap, Farid Ma’ruf, Pengurus Kwarcab, para Camat selaku Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), para ketua dan pengurus Kwarran serta Guru Pendamping.

Tari Persahabatan Nusantara ini menggambarkan petuah leluhur Jawa dan mengandung makna bahwa untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman, seseorang harus menjalani pekerjaannya dengan sungguh-sungguh. Artinya setiap orang hendaknya menjadi pribadi pembelajar. Satu diantaranya adalah belajar seni dan budaya bangsa yang beraneka ragam dan menjadi kekayaan budaya serta kebanggaan bangsa Indonesia di mata dunia.

Pesta Siaga ini diadakan dengan maksud untuk membina, menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara. Selain itu juga untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia.

Tujuannya adalah agar terbentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan generasi sebelumnya. Kegiatan ini juga dapat melatih ketahanan mental, rohani dan jasmani.

Tema pada Pesta Siaga kali ini adalah “Santun Dalam Persahabatan”, sedangkan mottonya adalah “Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Kubhaktikan”.

Kegiatan ini diikuti oleh 552 orang yang terdiri dari 480 Pramuka Siaga Putra dan Putri perwakilan dari seluruh Kwarran di Kabupaten Cilacap yang didampingi oleh 48 Pembina Pendamping dan 24 orang Pimpinan Kontingen.

Bupati Cilacap selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman mengatakan bahwa kegiatan ini sangan positif dan bermanfaat. Karena selain ajang untuk berlomba menguji pengetahuan, ketrampilan dan ketangkasan antar Pramuka Siaga se-Kabupaten Cilacap, sekaligus menjadi wahana untuk mempererat tali silaturahmi dan saling tukar informasi serta pengalaman antar peserta.

“Organisasi Kepramukaan merupakan organisasi kepemudaan yang berorientasi pengabdian kepada bangsa dan negara. Tujuan dari Gerakan Pramuka adalah mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya untuk menjadi generasi yang baik, berintegritas, bermoral dan berakhlak dalam aktivitas pembangunan,” kata Bupati

Melalui kegiatan ini Bupati berpesan kepada Pramuka Siaga untuk meningkatkan prestasi  dengan senantiasa rajin belajar, meningkatkan disiplin, tidak mudah putus asa, patuh dan taat kepada orang tua serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, sehingga nantinya menjadi anak yang cerdas, mandiri, berprestasi dan berbudi pekerti yang luhur. Selain itu agar para peserta mengikuti kegiatan ini dengan penuh kebanggaan dan senang hati, terlebih semua peserta kegiatan ini merupakan duta dari Kwarran masing-masing.

“Tunjukkan kemampuan kalian, sehingga mampu meraih prestasi terbaik serta gunakanlah kesempatan ini sebagai ajang untuk saling berkomunikasi, memupuk persahabatan dan persaudaraan diantara anggota Pramuka Siaga. Yang tidak kalah pentingnya jaga stamina Nanda semua, sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat diikuti dengan baik,” lanjut Bupati

Materi yang dilombakan pada Pesta Siaga meliputi Ketaqwaan, Tanda Pengenal Seragam Pramuka Siaga, Rangking I Siaga Gembira, Pengamatan dan Daya Ingat, Scouting Skills, Baris Berbaris, Lempar Tangkap Tongkat (LTT), Pentas Budaya dan Bumbung Pramuka Perduli.

Untuk kejuaraan ini akan diambil Barung Tergiat 1,2 dan 3 putra putri yang akan mengikuti Pesta Siaga Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah di Bimbingan Wilayah (Binwil) Banyumas Tahun 2019 pada tanggal 29 sampai 30 Maret 2019 di Banyumas. (H.ARIYANTO SULAEMAN/ RAMA PUTRA/ HUMAS)***

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.