SMK Al Ikhlas Susuru Kembangkan Program Kewirausahaan Tata Busana

Ciamis, LINTAS PENA

Pembelajaran Kewirausahaan Tata Busana di SMK Al-Ikhlas Susuru  sebagai  implementasi (Te Fa), Pengembangan SMK Berbasis Implementasi dan Pemagangan Guru. Pentingnya penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM), yang terampil diwujudkan Pemerintah  melalui Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan(SMK), yang lebih berorientasi pada permintaan pasar, tenaga kerja dan mempersiapkan para lulusan dengan pembekalan karakter kewirausahaan yang bersinergi erat dengan industry, sehingga terjadi check and balance terhadap proses pendidikan pada SMK untuk menjaga dan memelihara keselarasan kebutuhan pasar kerja dengan siswanya, dapat bekerja diperusahaan atau berwirausaha mandiri.

Sejalan dengan hal tersebut SMK Al-Ikhlas Susuru di Desa Kertajaya Kecamatan Panawangan telah menerapkan pembelajaran kewirausahaan sebagai Implementasi dari Traching Factor (Te  Fa). Pengembangan SMK  Berbasis Industry/Keunggulan Wilayah dan Pemagangan Guru khususnya Program Keahlian Tata Busana. Peralatan yang digunakan dalam penerapan pembelajaran  di SMK Al-Iklhas Susuru, telah disesuaikan dsngan Industry, seperti mesin Heigh Speed dan Bordir Computer. Wujud nyata SMK Al-Iklhas Susuru dari pelaksanaan pembelajaran Kewirausahaan  sebagai Implementasi dari Teaching Factory (Te Fa), dan pengembangan SMK  berbasis industru/keungulan wilayah serta pemagangan guru tersebut siswa dapat membuat produk seperti Kerudung, Mukena, Kaos Olah Raga, Jas Almamater, batik sekolahan, bordiran dan sablon.

Kepala sekolah Ipin Aripin, SAg. M.PdI mengatakan bahwa produk unggulan Bid. Keahlian Tata Busana, telah bermanfaat oleh masyarakat sekitar seperti PAUD(TK/KOBER, SD/MI, SLTP, SLTA dan Instansi yang ada di lingkungan Kecamatan Panawangan dan sekitarnys. Bahkan yang paling membanggakan banysk sekolah SMK yang ada di Kab. Ciamis telah bekerjasama  dan memakai Produk Tata Busana sekolah kami, seperti SMK Al Huda sadananha, SMK Cidolog, SMK PP Panjalu, SMK Pembangunan, SMK Citra Bangsa dan lainya.

Bahkan ada siswa  hasil karya nya dijual secara on line. Selain itu pula kami talah melaksanakan kerjasama perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan pakaian anak untuk dipasarkan di toko ternama. “Prestasi siswa kami bidang keahlian Tata Busana selama 3 tahun sebagai Juara I  LKS  Tk. Kab. Ciamis dan menjafi peserta  lomba LKS utusan ke tingkat Propinsi Jawa Barat yang dilaksanakan Bekasi, Bandung dan Bogor. Tahun 2019 ini kami utusan Lomba PAI Tata Busana yang akan diselenggarakan di Kab. Sumedang pada tanggal 28 April mendatang. Kepala sekolah me ambahkan mari kita jadikan sekolah kami sebsgai ssrana pendidikan dalam nenciptajan sumber daya nanusia  yang terampil, kreatif, siap bersaing berwirausaha demi sekolah, kami siap mengiplementasikan pembelajaran kewirausahaan di sekolah kami,” tandasnya.(Hendaya,LP)

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.