Perantauan Morge Siwe Pulang Kampung Rindu Idhul Fitri Cukup Meriah di Kota Kayuagung

Kab.OKI, LINTAS PENA

Kayuagung Morge Siwe berciri khas letak wilayahnya bersebelahan dibatasi di tengah tengah wilayahnya  ada sungai. Setiap pemukiman rumah penduduknya masing masing menghadap sungai terletak di dalam Wilayah kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatra Selatan.

Kayuagung Moge Siwe ini walau keadaan Wilayahnya termasuk kecil namun mampu menarik hati Masyarakat pada saat setiap Hari Raya Idhul Fitri menjadi tempat kunjungan hiburan Wisata bagi Masyarakat baik penduduk Asli Morge Siwe maupun dari Perantauan juga dari Daerah Daerah Kabupaten lain.

Daerah Morge Siwe yang terletak di Kecamatan Kayuagung ini setiap pada perayaan Hari Raya Idhul Fitri ada beberapa adat istiadat dan kebiasaannya yang di lestarikan membuat daya tarik tersendiri .minggu 9/6-2019

Dari hasil pantauan media Kabar investigasi.com,’Ada beberapa kebiasaan penduduk di Wilayah Morge Siwe ini yang sudah menjadi kebiasaanya atau tradisi pada Hari Raya Idul Fitri yaitu pada hari Raya Pertama sesudah menunaikan Ibadah sholat id, Masyarakat pada kebiasaannya seluruh anak anak yang telah berkeluarga datang bertandang Kerumah Orang tuanya masing masing untuk bersilaturahmi bermaaf maafan dan di jadikan momen untuk berkumpul Keluarga.

Pada Hari Raya idhul fitri yang ke-2 harinya Masyarakat Morge Siwe kebanyakan melakukan kebiasaanya untuk bersiarah kekuburan kelurarga mereka masing masing dan pada Hari Raya Ke – 3 serta yang  Ke – 4 Masyarakat mempersiapkan diri mengikuti dan menonton beramai ramai acara Adat Istiadat Midang Morge Siwe ( arak arakan ) keliling Morge Siwe hampir mirip karnapal Muda Mudi berpakaian Pengantin Adat Istiadat dari jaman leluhur.

Adat Istiadat Midang ini sekarang sudah di agendakan dan di selenggarakan oleh Pemerintah setempat menjadi acara rutin setiap tahun untuk pagelaran pada saat Hari Raya idhul Fitri, Di Kayuagung Morge Siwe Juga sudah menjadi kebiasaan dari jaman dahulu sampai sekarang pada setiap Hari Raya Idhul Fitri di wilayah Kayuagung Morge Siwe ini ada hiburan Masyarakat yang sangat menarik di jalur Sungai yaitu Hiburan naik Motor Sekoci yang dinamakan motor setempel keliling sungai.

Hiburan Masyarakat naik Motor Sekoci atau motor setempel keliling Sungai ini dengan cara menyewa sataran per putaran yang jaraknya dari pangkal sungai pangkalnya kelurahan  sampai perbatasan ujung sungai paling ujung kelurahan dan balik  kepangkalan yang dinamakan satu putaran.

Sehingga setiap Hari Raya Idhul Fitri Wilayah Kayuagung Moge Siwe ini selalu meriah menjadi penarik peminat  bagi Masyarakat Kayuagung yang di rantauan untuk pulang kekampung halaman maupun dari daerah Kabupaten lainnya banyak yang berdatangan ke Wilayah Kayuagung Morge Siwe ini untuk melihat dan menikmati hiburan.(RAHMAN)***

 

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.