Bupati Ciamis Hadiri Acara Ritual Budaya Hajat Bumi di Desa Jagabaya

Ciamis, LINTAS PENA

Warga Desa Jagabaya Kecamatan Panawangan menggelar Ritual  Budaya Hajat Bumi yang dihadiri langsung Bupati Ciamis  Dr.H. Herdiat Sunarya, Dandim 0613 Ciamis Letkol Triarto S, M. Tnt. Rel, Kabib Disbudpora H. Dede Hermawan dan Anggota Dewan Fraksi PAN  H. Sarkum, bertempat  di halamam Bale Desa Jagabaya, hari  Rabu, 4/9-2019.

Ketua panitia Suryadi mengatakan  Ritual Hajat Bumi ini digelar setiap tahun setelah tatanen, pemandu ritual ini oleh Sutarjo, SPd dan A. Hidayat. Pada acara ini pula bersanaan dengan penutupan Bhakti Siliwangi Manggala Satata Sariksa ( BSMSS) TNI-AD Tahun 2019.

Plt. Kades Jagabaya Abdullah mengharapkan adat budaya ini jangan sampai punah, terus pertahankan dan terus tingkatkan, semua masyarakat terlihat antosias, ucap Plt. Kades.

Kabid Disbubpora H. Dede Hermawan terus pertahankan, kami sudah membina 32 adat yang ada di Ciamis, bisa dilestatikan, dikembangkan sebagai aset desa.

Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya saat ditanya dengan nada tergesa gesa intinya adalah kami merespon dan mensuport terhadap adat ritual hajat bumi ini, petlu dilestarika yang kedua bahwa Bhakti Siliwangi  Manggala Satata Sariksa (BSMSS)  bermanfaat  bagi  masyarakat terutama akan neningkatkan perekonomian masyarakat meningkat.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Triarto mengatakan selama kegiatan 14 hari di Desa Jagabaya kami 25 orang TNI  melaksanakan pembangunan fisik jalan rabat beton sepanjang 300 meter, kami bergarap memelihara kemanunggalan TNI -AD, kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, kami juga bangga disambut warga dengan begitu antosias, kami juga berharap adat ritual hajat bumi ini bisa dipettahankan, tandadnya.(HENDAYA LP)***

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.