Dinas Pendidikan Kab.Ciamis Menggelar Sosialisasi Tanggap Bencana Bersama Kepala Sekolah SD dan SMPN di Korwil Panawangan

Ciamis, LINTAS PENA 

Menjelang awal musim penghujan, biasanya  banyak terjadi berbagai bencana, dalam upaya dan memahami tanggap bencana, khususnya di lingkungan sekolah, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, gelar Sosialisasi Tanggap Bencana bersama para kepala sekolah dan guru SDN dan SMPN yang ada di lingkungan Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, Rabu, 6/ 11-2019, di GOR uptd Pendidikan Panawangan. Acara ini di buka langsung oleh Kabid. Pembinaan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Endang Kusmana.

Endang Kusmana menjelaskan, tujuannya adalah agar para kepala sekolah dan guru, dapat menyimak dan memahami  tentang bagaimana menyikapi bencana khususnya di lingkungan sekokah masing-masing, selain itu bisa diterapkan di satuan pendidikan, sekaligus disosialisasikan kepada anak didik nya, kegiatan ini nginduk kepada Kepmendikbud No. 40.p- tahun 2017, Tentang : Sekretariat Nasional Bantuan Pendidikan Alan Bencana, dan keluar lagi Permendikbud  No. 33- Tahun 2019, tentang Kesatuan Pendidikan Alan Bencana, ucapnya.

Sama halnya ditempat terpisah Kepala BPBD H. Sukiman saat ditanya juga mengatakan dengan adanya Permendikbud No: 33- Tahun 2019, tentang Program satuan pendidikan sekolah aman benxana, intinya supaya pihak sekolah yaitu kepala sekokah, guru dan masyarakat mengetahui keberadaan lingkungan sekolah masing-masing, sehingga diharapkan pihak sekolah membuat tim, dengan pokok- pokok kegiatan yang bekerjasama dengan lingkungan masyarakat sekitar, supaya  ketika terjadi bencana penanggulangan nya sinergi.

Ketua PGRI Panawangan Aan Rusdiana saat ditemui di ruangan sekretariat untuk sekolah -sekolah yang ada di kecamatan Panawangan menyambut baik, yang telah disampaikan tadi, dan kami dari pihak sekolah akan mensosialiskjan kembali kepada komite sekolah dan peserta didik di sekolah masing-masing, mudah-mudahan tidak betharap adanya bencana di daerah, kami setelah mendapatkan sosialisasi kita bisa mengambil langkah awal pencegahan dan antisipasi apabila tetjadi bencana, kami seluruh tenaga pendidik ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan BPBD Kabupaten Ciamis, terangnya. (HENDAYA LP)***

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.