by

Terbentuknya Ikatan Sunda Dunia Menurut Irjen. Pol. (Purn.) Dr. Drs. H. Anton Charliyan, M.P.K.N.

Tasikmalaya, LINTAS PENA

Pada hari Rabu (11/12/2019) telah terbentuk wadah masyarakat Sunda bernama INSUNDA (Iketan Sunda Dunia) yang digagas mantan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Dr.H.Anton Charliyan,MPKN yang dihadiri para inohong Sunda dari Jawa Barat dan Banten, bertempat di  Padepokan Pencak Silat Pajajaran Pusat Kec Sukaraja, Sirnaraja No 16- km 21,  Kabupaten Tasikmalaya.

“Pembentukan paguyuban ikatan masyarakat Sunda ini dalam rangka persiapan menghadapi Deklarasi Iketan Sunda Dunia yang akan dilaksanakan di Gunung Galunggung pada tahun 2020 mendatang.”ujar Abah Anton, panggilan akrab Anton Charliyan.

Deklarasi Ikatan Sunda Dunia ini, menurut Anton Charliyan, dinilai sangat penting dan harus diawali di pusat Kerajaan Galunggung. Alasannya, karena saat ini bangsa Sunda tengah mengalami ancaman global terutama kemunduran dalam akhlak. Bahkan menurut riset bahwa orang Sunda yang artinya penduduk di wilayah Jawa Barat dan Banten kebanyakan intoleran, “Padahal orang Sunda itu aslinya orang yang sangat someah, sehingga kita sebagai orang Sunda harus segera melangkah. Orang Sunda itu memiliki komunitas masyarakat yang besar. Kalau komunitas ini terkontaminasi oleh hal negatif, akan menggoncang keamanan bangsa Indonesia, sehingga harus mulai kita arahkan kelompoknya.”papar tokoh masyarakat Jawa Barat yang cinta seni budaya Sunda ini

Dalam acara deklarasi Ikatan Sunda Dunia ini ternyata yang datang dari berbagai wilayah di Jawa Barat dan Banten, menurut Anton Charliyan,  orang Sunda itu bukan cuma orang Pribumi asli, tetapi orang yang lahir di Sunda, besar di Sunda, orang yang bermata pencaharian di Sunda harus merasa sebagai orang Sunda dan mencintai budaya Sunda. Karena kita ini lintas agama, lintas suku, dan lintas ras. Sehingga kita harus mau untuk mulai bersatu.

“Ikatan Sunda Dunia ini diharapkan orang Sunda harus merasa memiliki, karena kalau bukan kita yang memulai siapa lagi,” ungkapnya.

Deklarasi serentak Ikatan Sunda Dunia ini akan dilakukan tahun 2020 mendatang, dan diharapkan seluruh perwakilan orang sunda yang tersebar di seluruh Indonesia maupun luar negeri bias turut berpartisipasi dalam acara deklarasi nanti.

Hal senada diungkapkan, Marsekal Madya TNI (Purn.) Dede Rusamsi, S.E. M.M. mantan Kasum TNI Ketua Dewan Pembina Yayasan Maung, bahwa “paguyuban” Ikatan Sunda Dunia ini merupakan suatu forum yg sangat bagus, karena dengan adanya forum ini dapat menyatukan silaturahmi dan memperkuat karakter orang Sunda, dimana orang Sunda itu rendah hati baik itu pejabat maupun orang biasa. “Selain itu orang Sunda itu loyal, apalagi mengenai mempertahankan NKRI, dan fanatisme lain itu sangat kuat dari orang Sunda. Forum ini diharapkan dapat memperkuat lagi karakter orang Sunda yang memang sudah terbentuk, dan diharapkan mengarah ke hal yang positif dan baik.”pungkasnya.

Berdasarkan keterangan dari panitia, sejumlah tokoh masyarakat yang  hadir  antara lain mantan Kapolda Jabar Irjen Pol (Purn) H. Dr Drs Anton Charliyan MPKN, Uyut Rd Drs H Sany Wijaya Nata Kusuma SH Guru Kasepuhan PS Padjadjaran, Marsekal Madya TNI (p) Dede Rusamsi SH Mantan Kasum TNI Ketua Dewan Pembina Yayasan Maung. Prof Dr HM Ahman Sya. Fanji Hadi Wijaya Kusumah.Prof Dr Romly Asmasasmita M.hum. LLM.Guru Besar Ilmu Hukum Unpad . Dr Jackson T Massie Kepala Badan Kehormatan BUMI BUDAYA NAWACITA , Presiden Investment Of Tourism , Koordinator Tim Ahli Badan Penguatan Ideology Bhinneka Tunggal Ika , Inisiator & Pembina SPN & TM86 . Abah Yusuf Kabuyutan Geger Kalong Bandung. Abah Alamsyah KBS Abah Alam Bandung. Ki Pamanah Rasa Bandung . Adipati Jagabaya Linggamanik Karawang . Uwa H Deden Hidayat Ketua Forum Ormas Jabar . Ki Ade Suherlin Kuncen Kp Adat Naga Tasik. Prof Dr H Dadang Solichin Deputy bid Tradisi dan Pariwisata DKI . Bunda R Dr. Hj Sonnia Soemadikarta Pupuhu Agung Pastapa Pangandaran. Ambu Susanne Febriyati Soeryakertalagawa SH MH Ketum BBN SPN . Nyimas Bogor. Pupuhu Paguyuban GELAP NYAWANG NUSANTARA. Pupuhu Paguyuban SUKMA PARAHYANGAN. Jody Cross Ante TM86. R. Endang S Paguyuban Pangsi Hideung Karawang. Dedy Wijaya Ketum INTI Jabar – Bandung                                  . Gus Fauzy Hanafiah Ketum Laskar Dewa Bogor. Ki Santang Salaka Domas Depok. TB Ariansyah Sepdiantika PENDIRI PERKUMPULAN LEMBAGA PEDAGANG & PETANI BUNGA INDONESIA. DR Undang Darsa Kepala Departemen Sejarah & Filologis FIB Unpad. Ambu Hanjuang Saepudin Budiwiharja pendiri Baraya Sunda Nusantara – BSN. Ratu Raja Okki Jusuf Judanagara, Kerajaan Tarumanagara Karawang & Pendiri Masyarakat Adat Nusantara. Apih Soerya Sesepuh Budayawan Karawang. Aom Joni Diningrat Dewan Penasehat Yayasan Soekapura Tasikmalaya. NR Rulany Indra Gartika Rusady wirahaditenaya SPd Mus MA. Bunda Ully Hary Rusady. Ketua Presidium Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara Padjadjaran Prov Jabar. R. Euis MMS Tanoewijaya Ketum Rukun Warga Sumedang. DR. Elis Suryani Pilologis Unpad Ketum Lintas Budaya Nusantara. Ani Suhartini Komunitas Pecinta Kabuyutan Gunung Sanghyang Limbangan. Pena Sukma. Rahmat Dodi Putra Mekar Tunggal. Hendro Cihov Sumedang. Ade Suhendra Digjaya Pendiri & Ketum PLPPBI.Abah H Ir Dede ketua Dewan Adat Panjalu…….DR H Pepep Puad Muslim, Pupuhu Pengurus Yayasan Ponpes Al Munawar Jarnauziyah Pusat Pasir Bokor.   .KH .R. Mama Drajat Pupuhu Pasulukan Loka Gandasasmita…

“Alhamdulillah  para inohong masyarakat Sunda tersebut di atas hadir pada persiapan pembentukan wadah   paguyuban  INSUNDA (Ikatan Sunda Dunia)  menjelang dilaksanakannya Deklarasi Sunda Dunia pada tahun 2020 mendatang,”kata Anton Charliyan mengkahiri obrolan. (LUKMAN NUGRAHA,SP)****

Comment

News Feed