by

SMAN 1 Kroya Semakin Berkembang dan Maju

Cilacap,LINTAS PENA

SMAN 1 Kroya merupakan salah satu sekolah yang di dirikan atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0206/9/30, tanggal 18 Juli 1980 sebagai salah satu realisasi program pelita di sektor Pendidikan, Drs. Kusworo, M. Pd kini menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Kroya.

Secara geografis kala pertama sekolah di selenggarakan sebagai upaya untuk memfasilitasi putra dan putri daerah untuk memperoleh kesempatan belajar tanpa harus keluar kota. Hal itu bisa di cermati bahwa kroya merupakan wilayah strategis di Cilacap Timur serta mudah di jangkau dari wilayah manapun.

Setelah melampaui tahapan yang begitu panjang, maka dalam kurun waktu tiga dasawarsa, lembaga tidak bisa mengelak dari realitas yang harus di tanggapi. Kondisi inilah yang mendorong pengelola untuk selalu mengupayakan fasilitas maupun program pembelajaran agar bisa lebih berdaya guna dan berhasil guna menghadapi tantangan zaman yang semakin menggejala.

Mayoritas pendudukan berpencaharian sebagai petani, terbukti dengan sawah dan ladang yang lebih luas dari perumahan penduduk. Selain sebagai petani, sebagian penduduk juga ada yang berpencaharian sebagai pekerja bangunan. Dengan satu – satunya SMA Negeri yang ada di Kecamatan Kroya membuat warga masyarakat turut membantu perkembangan SMA NEGERI 1 Kroya, sehingga sampai saat ini SMA NEGERI 1 Kroya selalu menjadi pilihan lulusan SMP. Artinya, seluruh warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negative, Ujar Kepala SMA NEGERI 1 Kroya Drs. Kusworo, M. Pd

Di Tahun pembelajaran 2011/2012 SMA Negeri 1 Kroya telah mampu melayani masyarakat dengan membuka sembilan kelas secara paralel, termasuk di dalamnya memiliki program imersi ( Program pengajaran dengan Pengantar Bahasa Inggris ), hingga pada Tahun 2019 telah memiliki 27 Ruang Kelas, 4 Laboratorium, 1 Perpustakaan, dll.Cilacap Kerja Nyata, Kami Siap Selalu mensukseskan 4 Pilar Bangga Mbangun Desa.

Laporan H. Ariyanto Sulaeman & Rama Putra

Comment

News Feed