by

Dr.Abur Mustikawanto.M.Ed: “Kepala KCD Wilayah XII Yang Kreatif, Inovatif, Fasih Bahasa Inggris dan Jepang”

Dr. Abur Mustikawanto,M.Ed  nama lengkap pria sederhana kelahiran Madiun 15 November 1966 yang kini menjabat Kepala Cabang Dinas Wilayah XII (Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya) yang melingkupi sekitar 300 SMA/SMK dan SLB baik negeri maupun swasta. Selain sederhana, dia pun ternyata sosok pimpinan yang kreatif, inovatif, juga fasih berbahasa Inggris dan Jepang. Bahkan, dia punya hobi unik yakni main drone (nge-drone) dan ngoprek elektronik, misalnya memperbaiki ponsel rusak, membuat smart home atau memodifikasi barang elektronik lainnya.

Sebagai pimpinan di Kantor Cabang Dinas Wilayah XII, Dr.Abur Mustikawanto,M.Ed mengawali obrolannya dengan LINTAS PENA mengungkapkan, kalau dirinya pun ingin memberikan suri teladan, seperti menjadi manusia pembelajar.“Supaya anak didik kami rajin belajar, maka kami juga harus terus belajar. Karena kalau ingin mengajari sesuatu,  maka harus dimulai dari diri kita sendiri. Memberikan contoh.Kalau sudah begitu, Insya Alloh mereka akan mau juga belajar,” jelas Abur yang pernah menjadi guru dan dosen.

Apa yang diucapkannya cukup beralasan. Karena itu, Abur  pun memberikan contoh meskipun sangat sederhana, misalnya dia bisa memperbaiki barang elektronik yang ada di rumah, ponsel rusak diperbaiki sendiri,membuat smart home atau memodifikasi barang elektronik lainnya.”Misalkan guru SMK, bukan hanya memberikan materi pelajaran saja, tapi harus bisa mempraktekkannya agar nantinya ditiru oleh peserta didik,”tuturnya.

Ketika ditanya program kerja Kantor Cabang Dinas Wilayah XII yang dipimpinnya, Dr.Abur Mustikawanto,M.Ed menjelaskan, dia akan mengikuti DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) Cabang Dinas Wilayah XII yang ada, dan telah dirancang  sebelum dia menjabat.

Berikutnya tugas tambahan, yaitu improvisasi program yang dia miliki di luar DPA.

“Sedangkan program unggulan kita banyak, terlebih melihat potensi yang ada di lingkungan KCD Wilayah XII, di antaranya kita akan melakukan kerjasama internasional dengan sejumlah negara termasuk dengan Philipina. Kebetulan atase pendidikan RI di Philipina itu, sudah tahu kalau saya sekarang sudah bertugas menjadi Kepala Cabang Dinas di wilayah XII Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Salah satu alasan   akan melakukan kerjasama dengan atase pendidikan di Philipina, karena kerajinan tangan khas Tasikmalaya sudah terkenal di sana. Saya sangat konsen dengan tradisi craft (kerajinan tangan) di Tasikmalaya, ternyata terkenal juga di Philipina.,”papar Abur yang suka ngantor naik sepeda ini

Kemudian Dinas Pendidikan Jawa Barat sempat menggandeng Piksel Indonesia gelar Workshop Mendesain Motif Batik dengan software jBATIK  untuk peningkatan kompetensi dan kreatifitas guru, juga sempat melakukan rapat koordinasi dengan 18 perusahaan Singapura yang melakukan kunjungan delegasi ke Bandung. Kegiatan yang diberi tajuk Singapore-Bandung Partnership and Bussines Matching memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman, membangun kontak, menyusun gagasan dan mencari peluang di sektor keterampilan dan pendidikan di Jabar.Ke depannya hal itu diharapkan bisa menciptakan pekerja terampil yang diperlukan, menjadikan Indonesia menjadi pemimpin ekonomi di masa mendatang.

“Dalam hal ini, KCD Pendidikan Wilayah XII akan melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan atau lembaga, baik skala nasional maupun internasional . Kita lakukan semua itu untuk peningkatan kompetensi dan kreatifitas guru maupun peserta didik, khususnya di wilayah kerja KCD Pendidikan Wilayah XII,”ungkap Dr.Abur Mustikawanto,M.Ed yang suka mendampingi istri tercintanya berbelanja ke pasar tradisional.

Karier Dr.Abur Mustikawanto,M.Ed

PENDIDIKAN :(SD Angkasa 5 – SMPN 80 – SMAN 42)  di Jakarta, Jurusan Elektronika IKIP Bandung, Jurusan Fisika ITB,  S2-Jurusan Science Education Curtin University of Technology-Perth Western Australia, Pra S3-Jurusan Science Education AUE-Aichi Univ.of Education Japan, S3-Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan, UPI Short Courses : ELICOS, Curtin Univ. Of Tchnology, Perth WA ,Vocational Sandwich program, Beruffs Academy, Manhaim, Jerman , kemudian Japanese Language, Nagoya Univ. Japan.INOTECH Seameo (Health care), Manila, Philippine,  OVEC Seameo (School Partnership Program), Nonthaburi, Thailand.ICT Capacity Development, KOICA, Seoul/Busan, Korea Selatan, INOTECH Seameo (Sustainable Health care), Manila, Philippine, ORGANISASI :OSIS di SMAN 42 Jakarta, Resimen Mahasiswa Batalyon I-ITB,  ICMI lokal Western Australia,  ORARI lokal Bojonegara-Jabar/YD1OAA PEKERJAAN :Kepala Seksi Kesiswaan Bidang PKPLK ,Kepala Seksi Ketenagaan Bidang PKPLK ,Kepala Seksi Pelestarian dan Pembelajaran, BPBDK ,Kepala Seksi Pelayanan dan Promosi UPTD Tikomdik,Kepala Kantor Cabang Dinas Wil XII,Mantan Kepala Sekolah SMKN Peternakan Lembang,Manager Pengembangan Bahasa Inggris dalam komunikasi di Jabar, Lieasson officer Peace Corps Indonesia-USA ,Lieasson officer Native speaker, Japan Foundation/JICA,Dosen Tidak Tetap/TT TEDC, Cimahi  dan Dosen TT FKIP-UNPAS (Fisika Dasar 1) dan Konsep IPA PGSD-Unpas, Bandung. (ADE BACHTIAR ALIEF)***

Comment

News Feed