by

Ny. Atalia Ridwan Kamil Tinjau Dapur Umum di Purwaharja Kota Banjar

-Ciamis-169 views

Banjar, LINTAS PENA

Selasa 19 Mei 2020, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Umum Relawan Jabar Bergerak Ny. Atalia Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke dapur umum pelaksanaan PSBB penanganan Covid-19 di Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar. Hadir dalam kesempatan tersebut Ny. Atalia Ridwan Kamil didampingi oleh  Ketua Korwil Jabar Bergerak dan Kepala Kesbangpol Prov. Jabar,  sementara dari Kota Banjar hadir Wali Kota Banjar, Ketua TP-PKK Kota Banjar, Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar dan undangan lainnya.
Kunjungan tersebut untuk memonitoring program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) yang digulirkan serentak di seluruh Jawa Barat. Ny. Atalia mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah menggalakkan program dapur umum dan Gerakan Nasi Bungkus untuk membantu masyarakat terdampak wabah Covid-19. “Dalam teknisnya, pelaksanaan dapur umum tersebut dilaksanakan bersama oleh tim PKK, relawan Jabar Bergerak dan pemuda Karang Taruna yang ada di tingkat desa/kelurahan masing-masing. Kemudian nasi bungkus ini disalurkan melalui dapur umum dan keliling untuk memastikan jangan sampai terjadi darurat pangan di Kota Banjar,” katanya. Selain dapur umum Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga memberikan bantuan beras sebanyak satu kuintal kepada semua desa/kelurahan. “Kami apresiasi semua kelurahan/desa di Kota Banjar sudah cukup siap melaksanakan secara serentak, semoga program ini bisa berlanjut selama wabah pandemi ini,” harapnya.
Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Banjar, Ny. Elis Kartini Suryana mengatakan bahwa “saat ini program Gasibu di Banjar sudah berjalan efektif di tiap desa/kelurahan. Bahkan programnya bukan hanya Gasibu saja tapi juga edukasi pencegahan virus Covid-19 kepada warga. Setiap tempat dapur umum menyediakan sebanyak 80 nasi boks kemudian dibagikan kepada warga secara door to door,” katanya.

Ketua relawan Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Fatuhurrahman,S.IP menambahkan, untuk Jabar Bergerak sendiri mengadakan pembagian nasi boks untuk warga sebanyak tiga kali dalam seminggu yaitu setiap hari Senin, Rabu dan Jum’at. Dalam setiap pembagian disediakan 300 nasi boks untuk warga dengan 15 titik lokasi yang sudah ditentukan dan sudah dimulai sejak minggu kedua bulan Ramadhan. “Rencananya pembagian nasi boks sampai menjelang Idul Fitri 1441 H,” katanya.(AJAT SUDRAJAT/KOMINFO)***

Please follow and like us:

Comment

News Feed