by

Kapolres Ciamis Terima Kunjungan Pengurus DPC APDESI

Ciamis – LINTAS PENA

Dalam rangka meningkatkan silaturahmi Polri dan masyarakat, Kepala Kepolisian Resor Ciamis Polda Jabar AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., menerima kunjungan Pengurus DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Ciamis di Mapolres Ciamis, Jl. Jend. Sudirman No.271, Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (07/08/2020).

Kunjungan rombongan DPC APDESI Kabupaten Ciamis dipimpin langsung oleh Ketua DPC APDESI, Yoyo Wahyono, Wakil Ketua, Ivan Abdup Rozak, Sekertaris, M. Abdul Haris, dan Bendahara, Haiz Azka.

Ketua DCP APDESI Kabupaten Ciamis, Yoyo Wahyono mengatakan, kunjungan ini dalam rangka untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus perkenalan kepengurusan baru. Selain itu juga untuk menjalin sinergitas menciptakan Pilkades Serentak Tahun 2020 Kabupaten Ciamis yang sukses dan lancar.”Semoga dengan silaturahmi dapat terjalin lebih baik lagi, terutama dalam menyukseskan Pilkades Serentak 2020 Kabupaten Ciamis yang aman, damai dan kondusif,” ucapnya.

Yoyo menambahkan, pihaknya juga menyampaikan kendala pelaksanaan pemerintah desa. Menurut dia, banyaknya kepala desa yang dilaporkan terkait dugaan korupsi. “Hal itu karena Kades merupakan jabatan politik yang terpilih melalui proses politik. Sehingga selalu mempunyai musuh politik yang berusaha menjatuhkan,” katanya.

Sementara itu Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., mengatakan, Polres Ciamis sangat mengapresiasi adanya upaya dari APDESI untuk membantu menciptakan pelaksanaan Pilkades yang aman dan kondusif. “Dalam pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Ciamis 2020, Polres Ciamis telah memetakan terkait klasifikasi Desa yang sangat rawan, desa rawan dan desa aman,” kata Kapolres.

Terkait adanya pengaduan dari masyarakat terhadap desa yang terindikasi melakukan korupsi, kata Kapolres, Polres Ciamis berkewajiban untuk menindaklanjuti sebagai bentuk pelayanan masyarakat. Namun polisi juga tetap akan objektif.

“Jika memang tidak ada kesalahan dan walaupun ada kerugian negara tapi kecil, Polres dan Kejari Ciamis lebih mengedepankan pembinaan yaitu himbauan untuk dikembalikan ke kas desa,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi banyaknya aduan masyarakat terhadap desa, menurut Kapolres, adalah tugas para kepala Desa untuk menciptakan suasana yang kondusif di masing-masing wilayahnya. “Pasca Pilkades, Polres akan bekerjasama dengan Kejari dan dinas instansi terkait untuk melaksanakan pembinaan agar para kepala desa khususnya yang baru dapat mengelola anggaran sesuai dengan ketentuan,” tandasnya.(HUMAS POLRES CIAMIS/EDIS 57)

Comment

News Feed