by

Penilaian Rumah Sehat di Desa Indrajaya Kecamatan Sukaratu

Kab.Tasik LINTAS PENA-

Rumah sehat sangat didambakan oleh setiap orang. Rumah berpungsi sebagai tempat tinggal serta digunakan untuk berlindung dari gangguan iklim dan mahluk hidup lainnya.Rumah juga merupakan berkumpulnya anggota keluarga tuk menghabiskan sebagian waktunya.Rumah sehat adalah merupakan salah satu sarana untuk mencapai derajat optimum.Untuk memperoleh rumah yang sehat ditentukan oleh tersedianya sarana sanitasi perumahan.Sanitasi Rumah adalah usaha kesehatan masyarakat yang menitik beratkan pada pengawasan terhadap struktur fisik dimana orang menggunakan tempat tinggal  berlindung yang memperngaruhi derajat kesehatan manusia, Ungkap kepala Desa Indrajaya Yudi Sutiana. Kepada LINTAS PENA.

Begitu juga di Rumah Ny.Unah,60 Kampung Cimala RT 02/01 desa Indrajaya kecamatan Sukaratu,sebagai Rumah Sehat dengan berbagai macam tanaman yang ditanam di kebun belakang Rumah tentu sangat bermanfaat bagi keluarganya maupun tetangga sekitarnya.

Dengan adanya rumah sehat di Kampung Cimala, Desa Indrajaya Kecamatan Sukaratu untuk dijadikan percontohan dan diperlombakan dengan desa-desa lain, ditingkat kecamatan. Rumah Ny.Unah sudah dikunjungi oleh TIM Ferivikasi Kesehatan Sukaratu sebagai rumah percontohan.

Kades Indrajaya, Yudi Sutiana saat diwawancara, mengimbau agar warga menciptakan ruangan atau halaman rumahnya bermanfaat untuk rumah itu sendiri.“Motivasi awal supaya warga kami di Desa Indrajaya tertata dengan sedemikian rapihnya sehingga halaman sedikitpun sangat bermanfaat bagi kehidupan dia,” kata Kades Indrajaya

Harapannya supaya lingkungan menjadi sangat indah, bersih dan rapih mencerminkan kehidupannya benar-benar tertib dan rapi,paparnya.

Pemilik rumah sehat,Ny.Unah, saat ditemui mengatakan, tanaman-tanaman obat ini sengaja ditanam untuk warga yang membutuhkan semua tersedia disini. Bahkan yang langka di luar sana mengambilnya disini juga,bahkan disini tidak ada halaman kosong, semua penuh ditanami Sayur-sayuran,cabe rawit,jahe,sereh , lengkuas, panglay,sembung,kunyit,kencur,sirih untuk obat, dan semua kebutuhan dapur,ada disini, ungkapnya.

Ny.Unah pun mengatakan, sebelum akan dipilih menjadi rumah sehat memang sudah tertata seperti ini. “Sehingga saat pihak desa mencari rumah sehat dan rumah saya yang terpilih,” kata Ny.Unah

“Kedepan dengan rumah sehat ini lebih sukses lagi dan ingin terus mengembangkan rumah sehat ini,” kata Ny.Unah. (JOHAN ROHANI)*

 

Comment

News Feed