by

Muda Mudi Pangadegan Desa Manggungjaya Menggelar Kibar Budaya Sunda

Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Himpunan Muda Mudi Pangadegan (HM2P) Desa Manggungjaya Kec. Rajapolah Kab. Tasikmalaya menggelar kegiatan Kibar Budaya Sunda pada Jumat malam (21/8/2020) di Dusun setempat RT 03 RW 14 dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada kegiatan tersebut HM2P mempersembahkan beragam kreasi seni yang ditampilkan oleh tujuh generasi, mulai dari usia dini hingga lansia. “Adapun tema yang diangkat adalah upaya pelestarikan budaya Sunda (diantaranya Gondang) dan pengenalkan kaulinan barudak jaman baheula kepada anak-anak generasi milenial saat ini.” Ujar Yana Supriatna, selaku ketua penyelenggara.

Semarak kegiatan dilengkapi dengan pengiring pergelaran dari grup musik yang dipimpinnya, SUNDA WÉTAN Ethnic Percussion.

Sementara itu, meski tak sedikit biaya yang dikeluarkan, HM2P tetap optimis untuk terus menggelar kegiatan Kibar Budaya  tersebut secara rutin.  Pasalnya biaya kegiatan diperoleh berkat kekompakan para nonoman dan kesadaran warga sekitar untuk menghimpun biaya demi suksesnya acara tahunan tersebut. “Biaya kegiatan ini bersumber dari urunan warga masyarakat dan donatur.” ungkap Yana.

Yana yang akrab disapa Engko tersebut berharap dengan digelarnya kegiatan ini Generasi Muda dapat mengenal, menjaga, dan melestarikan budaya Sunda ditengah maraknya budaya barat. Sesuai tema kemerdekaan tahun ini, ia pun mengatakan “Generasi yang maju adalah generasi yang mampu miindung ka waktu mibapa ka jaman tanpa melupakan budayanya.”

Selain itu Ia pun menghaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia, semua warga masyarakat, para donatur dan pemerintah setempat atas dukungan yang diberikan dalam mensukseskan acara tersebut. “Ke depannya saya berharap ada dukungan dan perhatian khusus dari Dinas terkait demi ngamumulé budaya Sunda yang kita cintai ini.” pungkasnya.(KANG KAMAL)***

Comment

News Feed