by

Danrem 062 Tarumanagara Kunjungi Kelompok Tani Barokah Alam dan Kelompok Tani Itikurih di Desa Selamanik

Ciamis,LINTAS PENA

Dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat sesuai motto Kabupaten Ciamis, Pemerintah Desa Selananik Kecamatan Cipaku bekerjasama dengan Kelompok Tani Barokah Alam dan Kelompok Tani Icikuri, serta didukung oleh  BUMDes, Karang Taruna, PKK Desa, terus berupaya mempersiapkan penanaman yaitu Tanaman porang, Jahe Merah, Jagung, dan Pepaya Calipornia, yang berlokasi di lahan tanah pangangonan  di Dsn. Cikembang  milik  Pemerintah Desa  Selamanik,

Sebelum melaksanakan penananan warga masyarakat Desa Selamanik bersama Kades , MUI dan seluruh tokoh mengadakan acara do’a bersama di lokasi tanah pangangonan. Hal ini bertujuan masyarakat meminra do’a agar kepada Tuhan yang naha kuasa agar diberikan kesuksesan dalam segala urusan, Rabu, 9/9/2020 warga masyarakat  dalam rangka penanaman perdana menyambut kedatangan Danrem 062/ Tarumanagara  Kol. Inf.  Muhamad Muchidin, S.Sos beserta rombongan dengan di sambut upacara adat.

Pada acara ini Sekda Ciamis H. Toto Marwoto didampingi Dandin 0613 Ciamis  Letkol. Czi. Dadan Ramdani memberikan kalungan bunga kepada Danrem 062/TN, yang sebelumnya usai pengarahan kepada seluruh Danramil dan anggota di digelar di Koramil 0613 Cipaku.

Sekda H. Toto Marwoto atas nama Bupati mengatakan kami merasa bangga sampai acara ini disambut dengan meriah, kami berharap dengan memulainya bertani bisa memberikan dampak terhadap ekonomi masyarakat kedepan, bahkan lokasi ini bisa jadi  tempat edukasi, dan agrowisata, sehingga ekonomi masyarakat bisa tumbuh, kami juga berpesan coba harus betul-betul terwujud, kami percaya dengan miat yang iklas dan kompak pasti berhasil.

Danrem 062/TN  Kol. Inf. Muhamad Muchidin, S.Sos juga sama berpesan terus program ini kembangkan, sehingga kedepan Desa Selamanik bisa menjadi contoh bahkan desa lainpun bisa berkuniung ke tempat ini.

Camat Cipaku Yayan juga kami siap membantu dan mendukung program ini, dan  ini sangat luar biasa, kekompakan warganya.

Danramil 0613 Cipaku Kapten Suharto ditempat terpisah mengatakan kami pun siap membatu program ini, karena ini wilayah binaan kami, semoga berhasil, sehingga ekonomi masyarajat khususnya desa selamanik lebih baik dan kenih maju.

Dodi Herdiawan Kades Selananik mengatajan tujuan ini sesuai Visi dan Misi Desa, yaitu peningkatan di bidang ekonomi ( Pertanian, Peternakan dan Perikanan setta UMKM), sama dengan Moto Kabupaten Ciamis yaitu Kemandirian Ekonomi Kemasyarakatan. Ia juga menambahkan kami beserta jajaran program ini bukan hanya di satu titik, tetapi bagaimana carana menggunakan lahan tidur, kami bersama kelompok masyarakat, ini sudah mulai kelihatan muncul respon nya,  alhamdulilah acara  bisa langsung diresmikan penanaman secara simbolik oleh Danrem 06/TN, Sekda, Dandim 0613 Ciamis, Kapolres Ciamis, Kajari, dan unsur Porkopinda yang hadir, BPP Cipaku.

“Harapan kedepan kami intruksikan  pada masyarakat untuk menanam lima ribu pohon pisang, lima ribu pohon alpukat da tiga ribu pohon kelapa hibrida, ini harapan kami  disesuaikan dengan lahan yang ada, sehingga direncanakan tahun 2025, insya allah ekonomi masyarajat  bisa mencapai 40% hingga 60%. Kami juga ucapan terima kasih kepada Danrem 062/TN, Dandim 0613 Ciamis, Sekda Ciamis, Kapolres, Kajari, Ketua DPRD, dan seluruh Kadus yang hadir, Camat, Danramil Cipaku, Kapolsek Cipaku, BPP Cipaku, Kelompok Tani, Perangjat Desa, Karang Taruna, PKK, BPD, LPM, .Kami berharap kepada Pemerintah Kab. Ciamis, Danrem 062, Dandim 0613, harus bisa membatu kebutuhan kami diantaranya Jaringan Listrik, Sumur bor, serta Mercuri kurang lebih 30 tiang, karena kami saat ini kesulitan  terutama air, semoga program kami ini bisa terwujud, karena tujuan kami adalah peningkatan ekonomi masyarakat.

Penyuluh Pertanian Inding Supriatna kami selaku pembina petani siap mensukseskan program ini, sehingga masyarakat ekonomi nya bisa bertambah, tandasnya. ( HENDAYA,LP)

Comment

News Feed